2020 Sukses Rebut Eksekutif, 2024 Target Kuasai Legislatif

oleh -795 Kali Dibaca
Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Banggai, Batia Sisilia Hadjar. (Foto: Sofyan/Luwuk Times)

LUWUK, Luwuk Times.ID – Sukses merebut eksekutif pada kontestasi Pilkada Banggai 2020, bagi Partai NasDem belum lah cukup.

Partai utama pengusung Bupati-Wakil Bupati Banggai terpilih, Amirudin Tamoreka-Furqanudin Masulili (AT-FM) di pilkada tahun lalu ini punya obsesi besar di pemilu legislatif (pileg) tahun 2024. Target partai bertagline restorasi ini menguasai perolehan kursi di lembaga legislatif.

Komitmen itu secara tegas disampaikan Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Banggai, Batia Sisilia Hadjar yang ditemui Luwuk Times, di ruang Fraksi Partai NasDem DPRD Banggai, Senin (22/03/2021).

Dalam memberi statemen untuk merebut palu sidang pada momentum pileg kedepan itu, Batia tidak sendiri.

Wakil Ketua I DPRD Banggai tersebut didampingi Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD Partai NasDem Kabupaten Banggai, Sukri Djalumang.

“Iya itu memang target kami. Pada pileg 2024 kami akan merebut palu sidang,” ucap Batia.

Mantan Ketua DPD KNPI Kabupaten Banggai ini tidak banyak memberi penjelasan, apalagi soal strategi pemenangan untuk menjadi the winner di pileg kedepan.

Batia yang juga Ketua Pengkab Persatuan Tinju Amatir Indonesia (PERTINA) Kabupaten Banggai ini memberi ilustrasi singkat.

“Tidak berkuasa saja bisa, apalagi berkuasa,” tandas Batia.

Sementara itu, Sukri Djalumang optimis NasDem akan menjadi partai paling banyak diminati jelang pileg 2024. Dengan begitu, partai bentukan Surya Paloh ini akan lebih mudah dalam merekrut para bakal calon legislatif.

Sehingga tambah Ketua Komisi 2 DPRD Banggai ini, NasDem akan lebih mudah merealisasikan target pemenang di pileg nantinya.

Satu hal dipertegas Sukri yang juga mantan calon Wakil Bupati pada Pilkada 2015 lalu ini.

Sudah menjadi tradisi politik selama ini di Kabupaten Banggai. Ketika partai sukses mendorong kader di eksekutif, maka pintu menuju kekuasaan di legislatif akan terbua lebar.

Dan konstelasi politik seperti itu auranya sudah sangat terasa setelah NasDem menang di Pilkada.

“Itu menjadi salah satu alasan sehingga NasDem optimis mampu merebut palu sidang,” tegas mantan Ketua Gapensi Kabupaten Banggai ini.

Selama dua kali pileg, Partai NasDem memiliki catatan memukau.

Pada pileg 2009-2014, partai ini merebut empat kursi. Sedang pada pileg 2014-2019, jumlah wakilnya di DPRD bertambah menjadi 6 kursi, sekaligus merebut jatah Wakil Ketua I DPRD Banggai.

Itu artinya selangkah lagi partai ini merebut top leader di lembaga legislatif. *

(yan)

No More Posts Available.

No more pages to load.