2024, Saatnya Bali Mang Maju di Pilkada Banggai

oleh
Samsulbahri Mang alias Obama

Luwuk Times – Oleh Partai Golkar Samsulbahri Mang akan didorong sebagai calon DPRD Sulteng pemilu 2024. Tapi bagi loyalis Bali Mang melihatnya dari sudut pandang berbeda.

Tahun 2024, sudah saatnya Bali Mang maju di Pilkada Banggai.

“Bali Mang harus maju di Pilkada Banggai tahun 2024 mendatang,” kata simpatisan Bali Mang, Dade Lontos di kantin aspirasi DPRD Banggai, Kamis (02/03/2023).

Mantan Ketua DPD Golkar dan mantan Ketua DPRD Banggai 2 periode berturut-turut ini sebelumnya pernah dilamar Herwin Yatim pada Pilkada Banggai 2015 lalu.

Namun tawaran itu tak mendapat sinyal Bali Mang. Alasannya kala itu, Bali Mang tak ingin menjadi calon Banggai II lantaran mendasari jumlah wakil partai di DPRD Banggai, Golkar lebih banyak dibanding PDI Perjuangan.

Begitu pula pada Pilkada 2020, tawaran calon wakil Bupati Banggai oleh Amirudin tak mendapat lampu hijau Bali Mang.

Bahkan sebelum dua momentum itu, Bali Mang sempat terwacanakan menggandeng Vera Mastura sebagai calon Banggai II. Namun paket ini tidak sampai ke meja KPU Banggai.

Nah setelah 3 kali gagal masuk dalam kontestasi Pilkada Banggai saran Dade Lontos sudah saatnya 2024, Bali Mang maju di Pilkada.

“Saya kira sudah saatnya pak Bali Mang berkompetisi di Pilkada Banggai tahun depan,” ucap Delon-sapaan Dade Lontos.

Soal siapa figur pendamping serta apakah Bali Mang akan menjadi calon Banggai I atau Banggai, bagi Delon itu urusan kedua.

Yang menjadi hal prioritas adalah niatan Bali Mang untuk masuk bursa pemilihan kepala daerah mendatang.

“Bagi saya niatan dulu dari Bali Mang. Apakah siap atau tidak masuk dalam kontestasi itu,” kata Delon.

Calon DPRD Sulteng

Bagaimana dengan kebijakan Partai Golkar Banggai yang mendorong Bali Mang maju sebagai calon DPRD Sulteng dapil IV (Banggai, Bangkep dan Balut) pada pemilu 2024?

Pertanyaan itu juga mendapat jawaban Delon.

Editor: Sofyan Labolo