83 Warga Banggai Terkonfirmasi Covid-19, 2.354 Akan Divaksin

oleh -353 Kali Dibaca
Nurmasita Datu Adam

LUWUK, Luwuk Times.ID— Grafis terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Banggai terus saja menanjak. Per Selasa (26/01) hari ini, kabupaten beribukota Luwuk ini terjadi penambahan sebanyak 83 pasien. Saat ini mereka menjalani isolasi mandiri.

Juru bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Banggai, Nurmasita Datu Adam yang ditemui Luwuk Times di kantornya (26/01) mengatakan, per hari ini telah terjadi penambahan 82 kasus positif. Dengan demikian, total terkonfirmasi sebanyak 779 kasus positif, rinciannya 38 kasus lama, 628 sembuh dan 31 meninggal.

Sebanyak 82 kasus baru itu kini menjalani isolasi mandiri. Sehingga dengan kasus lama total 119 kasus menjalani isolasi mandiri dan 1 kasus dirawat di rumah sakit.

Nurmasita menambahkan, berbagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 terus dilakukan. Akan tetapi tim Covid-19 juga diperhadapkan pada berbagai kendala.

“Kendala banyak. Namun yang cukup menghambat dan menjadi perhatian adalah masih adanya penolakan dari masyarakat yang umumnya belum atau tidak siap menerima jika dirinya berstatus positif.” kata Nurmasita.

2.354 WARGA DIVAKSIN

Terkait persiapan program vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Banggai, Nurmasita kembali menginformasikan, Kabupaten Banggai mendapat jatah tahap 1 termin kedua di bulan Februari 2021.

Sehingga dalam waktu dekat akan dilakukan penjemputan vaksin untuk 2.354 penerima, yang terdiri dari tenaga kesehatan dan tokoh daerah.

Penjemputan vaksin dari Kota Palu, walaupun jumlahnya belum banyak tetap akan mendapat pengawalan dari TNI dan Polri.

Untuk kesiapan tenaga vaksinator sambung jubir, telah siap dan dilatih langsung oleh Kementerian Kesehatan.

Kabupaten Banggai sendiri telah menyiapkan sebanyak 31 posyankes, termasuk 26 puskesmas, rumah sakit daerah, serta rumah sakit dan klinik swasta. *

(man)