Anang Otoluwa, Kepala Dinas yang Kerap ‘Abaikan’ Randis

oleh -404 Kali Dibaca
Dua Randis terparkir di teras Kantor Dinas Kesehatan ketika hari libur Sabtu dan Minggu ataupun hari-hari libur lainnya. (Foto: Istimewa)

LUWUK, Luwuk Times.ID – DR. dr. Anang S. Otoluwa, MPPM mungkin satu-satunya kepala dinas yang mampu memisahkan antara kepentingan pribadi dan kepentingan dinasnya.

Dosen terbang Uiversitas Airlangga dan Universitas Indonesia ini, kerap “mengabaikan” fasilitas pemerintah yang melekat padanya.

Selaku pejabat eselon II yang dipercayakan selama hampir satu dekade memimpin Dinas Kesehatan Banggai, Anang disediakan oleh pemerintah dua unit kendaraan dinas roda empat.

“Satu unit Toyota Innova dipakai dalam rangka tugas dinas keseharian. Sedang satu unit lagi Toyota Hilux Double Cabin penggunaannya untuk kunjungan ke wilayah-wilayah dengan medan perjalanan berat seperti ke desa-desa terpencil,” tutur salah satu pegawai Dinkes.

Meskipun begitu, birokrat yang langganan diundang sebagai narasumber di berbagai agenda mulai dari tingkat regional hingga internasional ini, memiliki ciri khas dalam kepemimpinannya.

Dua unit Randis itu, kerap terparkir di teras Kantor Dinas Kesehatan ketika hari libur Sabtu dan Minggu ataupun hari-hari libur lainnya.

Begitupun jika tidak sedang berada di dalam daerah, Randis tersebut setia menunggu pemiliknya kembali dari luar daerah.

“Saya kira ada Pak Kadis, ada de pe oto dinas itu. Padahal lagi tugas luar,” ungkap Pian, salah satu warga yang ingin menemui dr. Anang.

Disaat free dari tugas dinas, mantan Kepala Puskesmas Bualemo yang humanis dengan setiap orang ini tampak kesederhanaannya saat memakai mobil pribadi Toyota Rush hitam edisi perdana. *

(cen)