Begini Penjelasan Furqan Soal Program Rp500 Juta Per BUMDes

Calon Wakil Bupati Banggai Furqanudin Masulili memberi penjelasan tentang program paslon AT-FM dihadapan warga. (Foto: Istimewa)

BALANTAK SELATAN, Luwuktimes.id— Calon Wakil Bupati Banggai Furqanudin Masulili memberikan penjelasan kepada masyarakat yang berada di wilayah Kecamatan Balantak Selatan, mengenai program pemberian modal usaha bagi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebesar Rp500 juta yang termaktub dalam Visi dan Misi Paslon nomor urut 2 tersebut.

Furqanudin mendatangi seluruh desa di wilayah Kecamatan Balantak Selatan, seperti Desa Tintingon, Desa Boy, Desa Sepe, Desa Tombos dan beberapa desa lainnya yang berada di Kecamatan Balantak Selatan. Dalam pertemuan kampanye tatap muka, Furqanudin menjelaskan soal program pemberian bantuan modal usaha untuk BUMDes di setiap desa hingga mencapai Rp500 juta.

Baca Juga:  Setahun Pencapaian Visi Misi ATFM, Bappeda Litbang Memilih Diam
Baca juga: Di Balsel, AT-FM Siap Kembangkan Sektor Perikanan dan Kelautan

Menurut Furqan, BUMDes kedepan, akan dirancang untuk menggerakan perekonomian masyarakat yang ada di desa, karena BUMDes akan menjadi institusi keuangan di desa, yang akan dikelola secara profesional oleh warga di desa.

Baca Juga:  Tim URC AMPG Banggai Salurkan Bantuan Kemanusiaan di Desa Dondo

“Pengurusnya akan kami berikan pelatihan, sehingga dapat mengelolah usaha dengan baik. BUMDes akan menjadi mediator proses distribusi dan pemasaran setiap produk unggulan yang ada di desa,” terangnya.

Furqanudin menjelaskan, pihaknya memahami bahwa salah satu hal penting dan menjadi kendala masyarakat selama ini adalah soal akses pasar atas berbagai komoditi yang dihasilkan para petani. Bahkan, jika pada musim tertentu dimana produksi melimpah, harga komoditi yang dikembangkan cenderung jatuh. “Ini nanti yang akan diantisipasi dengan kehadiran BUMDes yang profesional,” pungkasnya. *

Bacaan Lainnya
Baca Juga:  Tiga Kali Debat Kandidat, Makmur: Jadwalnya Akan Dirumuskan

(far/yan)

Pos terkait