Bersama Tim Pakar, KPU Rumuskan Dua Tema Debat Publik

oleh -322 Kali Dibaca
Tim pakar bersama KPU Banggai merumuskan tema debat publik paslon pilkada Banggai, Rabu (28/10/2020) tadi malam. (Foto: Istimewa)

LUWUK, Luwuktimes.id— Komisioner KPU Banggai, Alwin Palalo menggelar rapat bersama tim pakar untuk merumuskan debat publik atau debat terbuka pasangan calon bupati/wakil bupati Banggai 2020 yang akan dilaksanakan Minggu, 8 Nopember 2020.

Hasil rapat yang dilaksanakan di Kota Palu itu, akhirnya dirumuskan tema debat. Ada dua tema yang disepakati untuk mewarnai debat publik putaran pertama di Hotel Swiss Bell Luwuk nantinya, dengan melibatkan tiga pasangan calon bupati/wakil bupati Banggai. Yakni meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memajukan daerah.

“Hasil rapat bersama tim pakar merumuskan dua tema debat publik, yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memajukan daerah,” kata Alwin yang dihubungi Luwuktimes.id, Rabu (28/10/2020).

Mendasari ketentuan PKPU nomor 13/2020 tentang penyelenggaraan pemilihan kepala daerah dalam masa pandemi covid-19, materi debat publik dalam pemilihan serentak dalam kondisi corona virus disease 2019 atau covid-19 berupa visi-misi pasangan calon.

Ada enam materi yang tertuang dalam visi-misi pasangan calon. Pertama meningkatkan kesejahteraan masyarakat, kedua memajukan daerah, ketiga meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, keempat menyelesaikan persoalan daerah, kelima menyerasikan pelaksanaan pembangunan daerah kabupaten/kota, provinsi dengan nasional serta keenam memperkokoh negara kesatuan republik Indonesia.

Dalam PKPU yang sama juga diatur, selain materi debat publik atau debat terbuka, juga memuat materi kebijakan dan strategi penanganan, pencegahan dan pengendalian covid-19. *

(yan)