Berstatus Zona Merah, Tenaga Kesehatan Mulai Kelelahan

oleh -1.223 Kali Dibaca
Salah seorang tenaga kesehatan di Puskesmas Pagimana Kabupaten Banggai terlihat lelah, setelah melayani sejumlah pasien sample swab antigen. (Foto: Anto/Luwuk Times)

Reporter Anto Yasin

PAGIMANA, Luwuk Times— Dari zona orange, Kecamatan Pagimana Kabupaten Banggai naik status menjadi zona merah.

Para tenaga kesehatan (nakes) mulai terlihat kelelahan dalam menangani pasien yang terkonfirmasi positif. Dalam sehari, belasan, bahkan puluhan warga di swab antigen.

Raut wajah kedua tenaga kesehatan Puskesmas Pagimana Febriyanto Nasir, A.Md.Kep dan Asna Banne, A.Md.Ak, yang ditugaskan untuk melakukan swab antigen terlihat sangat lelah.

Di tengah terkurasnya tenaga, keduanya tetap bekerja melayani para pasien.

Baca juga: Empat Tenaga Medis Puskesmas Terpapar Covid-19

Sesekali Febriyanto dan Asna mengambil waktu untuk istrahat sejenak. Keduanya diperhadapkan dengan warga yang belum diketahui gejalanya. Hal itu yang membuat sangatlah beresiko.

Apalagi saat ini Kecamatan Pagimana yang sebelumnya zona orange, berubah menjadi zona merah, menyusul penambahan pasien terpapar virus corona bertambah cukup signifikan.

Meski seperti itu, namun tenaga kesehatan, khususnya yang bertugas sebagai analisis kesehatan atau ATLM (Ahli Teknologi Laboratorium Medik) di Puskesmas Pagimana untuk melakukan pengambilan sampel pemeriksaan swab antigen virus Covid 19, hingga kini terus melaksanakan tugas dengan semangat dan penuh tanggung jawab. *