Besok, Deklarasi Dukungan Banggai Emas untuk WINSTAR Jilid II

oleh -1.369 Kali Dibaca

Ibra Panari

LUWUK, Luwuktimes.id – Banggai Emas tak ingin menjadi penonton tanpa kandidat di pilkada Banggai 2020. Pasca ‘jagoannya’ batal maju sebagai kontestan di pesta demokrasi 9 Desember, gerbong B’Hepy ini merubah afiliasi politik.

Jika tak ada aral melintang, Banggai Emas menggelar deklarasi dukungan kepada paslon petahana Herwin Yatim-Mustar Labolo (WINSTAR), Selasa (22/09/2020).

“Besok sekitar jam 2 siang. Kegiatannya kami laksanakan di Graha Pemda Banggai,” kata Ketua Panitia Pelaksanaan Deklarasi, Ibra Panari kepada Luwuktimes.id Senin (21/09/2020) kemarin.

Ibra menjelaskan tentang prosesi kegiatan. Agenda diawali dengan umapos (tarian perang Saluan), molabot (tarian penjemputan), menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan puisi Banggai Emas, sejumlah orasi serta pernyataan dukungan Banggai Emas kepada WINSTAR jilid II oleh Hepy Yeremia Manopo.

“Pak Hepy Manopo yang akan membacakan dukungan politik Banggai Emas kepada WINSTAR,” kata Ibra.

Setelah itu diakhiri dengan sambutan kandidat Bupati, H. Herwin Yatim.

Respon publik terhadap deklarasi ini kata Ibra sangat besar. Sehingga dia mengestimasi ada seribuan orang yang akan terlibat di dalam acara itu.

“Nantinya akan ada roling show keliling kota. Tentu saja akan mendapat pengawalan Satlantas Polres Banggai,” kata Ibra.

Diakhiri wawancara, Ibra menjawab pertanyaan politis. Banggai Emas merupakan relawan yang awalnya dibentuk untuk menyokong Bali Mang-Hepy Manopo (B’Hepy).

Terkait Bali Mang memberi dukungan ke paslon lain, kata Ibra itu adalah wajar. Sebab sebagai politisi beringin rindang, Bali Mang wajib mengamankan instruksi DPP Golkar.

Berbeda dengan Hepy. Sebagai putra Babasal nonpartisan tentu saja memiliki hak dalam menentukan sikap politiknya.

Dan sikap politik pak Hepy di Pilkada Banggai, kata Ibra memilih WINSTAR jilid II. *

(yan)