BPPW Tinjau Empat SPAM, Hasilnya Mengagumkan

oleh -195 Kali Dibaca
Tim BPPW Provinsi Sulawesi Tengah mengunjungi empat SPAM di Kabupaten Banggai, Senin (08/03/2021). (FOTO: Dokumen PDAM Luwuk)

LUWUK, Luwuk Times.ID – Tim Balai Permukiman dan Prasarana Wilayah (BPPW) Provinsi Sulawesi Tengah meninjau empat unit Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang diperbantukan Direktorat Air Minum Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR melalui skema Program National Urban Water Supply Project (NUWSP) pada Tahun 2019.

Dikonfirmasi Luwuk Times, Senin (08/03/2021) Direktur PDAM Luwuk Arwin Alimun, S.Ip. mengatakan, peninjauan dilakukan dalam rangka persiapan penyerahan Barang Milik Negara (BMN), berupa SPAM kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai.

“Mereka melihat kalau masih ada yang kurang dari SPAM-SPAM tersebut untuk disempurnakan lagi. Tapi semuanya sudah oke, tinggal diserahkan,” tuturnya.

Kunjungan tim juga dirangkaikan dengan pertemuan bersama Bupati Banggai DR. Ir. Herwin Yatim, MM untuk membahas penyerahan BMN.

“Pak Bupati meminta penjelasan kepada mereka terkait bagaimana dengan kesiapan dan pemanfaatan SPAM yang telah dibangun,” ucapnya.

Menyangkut penyerahan BMN menjadi aset Kabupaten Banggai, dikatakan Arwin tim BPPW melakukan peninjauan yang didampingi bagian Aset BPKAD.

Keempat SPAM yang ditinjau itu adalah SPAM Soho, SPAM Masama, SPAM Batui, dan SPAM Toili Barat.

Dalam kunjungan itu, diketahui desain SPAM Toili Barat mengusung inovasi terbaru dengan memakai teknologi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Sedangkan SPAM Batui pembangunannya berhasil meningkatkan Sambungan Rumah (SR).

“SPAM Batui hanya dalam waktu 3 tahun idle terpasang terpakai habis. Tahun 2017 pelanggan cuma satu sambungan rumah. Tahun 2020 menjadi 1.048 SR,” jelas Arwin. *

(cen)

No More Posts Available.

No more pages to load.