Calon Ketua Golkar Mengerucut Dua Nama, Irwanto Diporsikan Sekretaris

oleh -586 Kali Dibaca
Saripudin Tjatjo, Beniyanto Tamoreka dan Irwanto Kulap

Laporan Sofyan Labolo, Wartawan Luwuk Times

LUWUK, Luwuk Times.ID – Bursa calon Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Banggai periode 2021-2026, mulai mengerucut. Awalnya terwacanakan tiga figur. Tapi kini tinggal menyisahkan dua nama.

Kedua tokoh yang akan berebutan kursi kepemimpinan Partai Golkar Kabupaten Banggai, pasca dua peridoe kepemimpinan Samsulbahri Mang itu adalah Saripudin Tjatjo dan Beniyanto Tamoreka. Nama Irwanto Kulap, diporsikan menjabat Sekretaris DPD Partai Golkar Kabupaten Banggai.

Informasi yang diterima Luwuk Times, Minggu (16/05/2021), masuknya nama Saripudin Tjatjo dalam bursa itu, lantaran yang bersangkutan adalah senior Partai Golkar.

Kiprah Om Arif-sapaannya di partai bentukan orde baru tersebut sangat besar. Partai pun mempercayakannya pada sejumlah jabatan strategis di partai peraih 5 kursi di DPRD Banggai itu.

Om Arif selain menjabat sebagai Wakil Ketua I di DPD Partai Golkar Banggai, dia juga dilegitimasi sebagai Ketua Fraksi di DPRD Banggai.

Memang Beniyanto Tamoreka adalah pendatang baru di Partai Golkar Banggai. Namun kehadirannya masuk dalam bursa di partai yang identik dengan warna kuning ini tidak bisa dipandang sebelah mata.

Haji Beni-begitu sapaan saudara kandung Bupati Banggai terpilih Amirudin Tamoreka ini disebut-sebut telah mendapat dukungan mayoritas pengurus kecamatan (PK) Partai Golkar yang notabene eksekutor pada Musda ke X Partai Golkar yang akan dihelat 30 Mei 2021 mendatang.

Hanya ada dua alternatif proses pemilihan ketua pada Musda Golkar Banggai nantinya. Jika bukan voting, maka pemilihan akan berlangsung secara aklamasi.

Sebanyak 29 suara yang bakal diperebutkan para calon. Dan itu didasarkan petunjuk pelaksana (juklak) Partai Golkar nomor 02 tahun 2020 pasal 46 terkait hak suara.

DPD I memiliki satu suara, DPD II satu suara, Dewan Pertimbangan Kabupaten satu suara, sayap partai terdiri dari AMPG dan KPPG satu suara, organisasi pendiri yakni Soksi, Kosgoro dan MKGR satu suara, organisasi yang didirikan yakni AMPI, MDI, HWK, Al-Hidayah dan Satkar Ulama satu suara serta pengurus kecamatan (PK) di 23 kecamatan, masing-masing memberi kontribusi satu suara.

Jika diakumulasi PK 23 kecamatan plus 6 organisasi yang ada di Golkar, maka total 29 suara yang akan diperebutkan calon Ketua DPD Golkar Banggai. *

Baca juga: Beni Tamoreka Diklaim Mendapat Dukungan Mayoritas PK Golkar

No More Posts Available.

No more pages to load.