Di Sulteng, Banggai Tertinggi Kenaikan Jumlah Pemilih, Ini Angkanya

oleh -733 Kali Dibaca
Ilustrasi

LUWUK, Luwuktimes.id – Penyelenggara pemilu di Kabupaten Banggai, patut berbangga. Di era pandemi covid-19 ini, mampu menaikan jumlah pemilih di pilkada serentak 2020 ini dibanding pilkada 2015 lalu. Meski sifatnya data sementara, namun diyakini persentase itu tidak akan beda jauh setelah pleno di KPU Sulteng.

“Itu masih data sementara. Finalnya setelah selesai pleno di KPU Sulteng. Tapi kami yakin tidak akan jauh beda,” kata Divisi Sosialisasi, SDM dan Parmas KPU Kabupaten Banggai, Alwin Palalo kepada Luwuktimes.id, Minggu (13/12) tadi malam.

Baca Juga:  Usulan Normalisasi Sungai, Komisi 2 DPRD Banggai ke Pemprov Sulteng

Berdasarkan data sementara yang diolah KPU Sulteng, Kabupaten Banggai tercatat pencapaian tertinggi kenaikan pemilih dibanding pilkada 2015, dengan gap kenaikan 11,87 persen.

Setelah Kabupaten Banggai disusul Kabupaten Poso 6,93 persen dan Kabupaten Morowali Utara 6,54 persen.

Scrool Baca Artikel

Baca juga: Puluhan Wajib Pilih tak Nyoblos di PSU TPS 4 Luwuk

Untuk partisipasi pemilih tertinggi di Sulteng ada di Kabupaten Banggai Laut dengan 84,60 persen dan Kabupaten Banggai 82,87 persen.

Baca Juga:  ANSWR Rilis Single Baru, Gandeng Penyanyi AS Hunter Reece

Masih dari sumber data yang sama, di kabupaten/kota yang tidak pilkada daerah, tapi memilih calon gubernur/wakil gubernur, Kabupaten Banggai Kepulauan memiliki partisipasi pemilih tertinggi 74,91 persen.

Sementara untuk pencapaian target partisipasi pemilih sementara di Sulteng sebesar 71,73 persen. Angka ini terjadi kenaikan dibanding pilkada 2015 yang hanya 69,71 persen. *

(yan)