773 Kali Dibaca

Dibuka Plt Rektor Taufik Bidullah, Untika Gelar Kuliah Umum Semi Virtual

  • Bagikan
Taufik Bidullah
Plt Rektor Taufik Bidullah saat membuka Kuliah Umum Universitas Tompotika Luwuk, Selasa (29/08). (Foto: Istimewa)

Reporter Naser Kantu

LUWUK, Luwuktimes.id – Universitas Tompotika (Untika) Luwuk sukses menggelar Kuliah Umum dalam rangka Kuliah Perdana Semester Ganjil Tahun Akademik 2021/2022, Selasa (28/09).

Kuliah Umum yang dilaksanakan secara semi virtual itu mengangkat tema “Wujudkan Pendidikan dan Kesehatan yang Berkualitas Menuju Sumber Daya Manusia Unggul” di buka langsung Pelaksana Tugas (Plt) Rektor Taufik Bidullah, S.E., M.Si.

Dalam sambutannya, Taufik Bidullah menyampaikan dengan adanya kuliah umum ini dapat memberikan motivasi dan semangat bagi mahasiswa Untika dalam menuntut ilmu di bangku perkuliahan.

Sebanyak 500 peserta yang mengikuti secara daring melalui aplikasi zoom, mendapatkan materi dari dua pembicara Bupati Banggai Ir. Amirudin dengan materi “Keberpihakan Pemerintah Daerah dalam Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM)” dan Prof. DR. drg. Andi Arsunan Arsin, M.Kes dengan materi “Dinamika perubahan Pembelajaran dan produktifitas mahasiswa di masa pandemi dan setelahnya”.

Panitia Pelaksana, memberikan kesempatan Wakil Rektor 1 Untika DR. Isnanto Bidja sebagai moderator pada pembicara Bupati Amirudin.

Dalam materi perkuliahannya, Bupati Amirudin mengatakan keberpihakan Pemda dalam pembangunan SDM di Kabupaten Banggai khususnya di Untika dapat dilihat dari visi misi pemerintahannya bersama Wakil Bupati Furqanudin Masulili.

Hal itu dibuktikan kata Bupati Amirudin bahwa pembangunan SDM menempati urutan pertama pada visi misinya yakni membangun SDM berkualitas, produktif, dan sejahtera.

“Mengapa pembangunan SDM jadi yang pertama, karena keberhasilan pembangunandaerah tergantung kualitas SDM,” ujar Bupati.

Pembangunan SDM disebutkan Bupati menjadi isu strategis daerah ke dua setelah dampak pandemi Covid-19, yang dibreakdown dari isu international dan isu nasional.

Karena itu, pembangunan SDM menjadi program prioritas daerah yang pertama pada RPJMD Tahun Anggaran Tahun Anggaran 2022.

Lima Program

Sebanyak 5 program akan di terapkan Pemda Banggai pada Untika. Kelima program tersebut adalah :

  1. Penyelesaian gedung perkuliahan di halaman belakang Untika Luwuk.
  2. Pembangunan Kampus 2 Untika di Kecamatan Nambo. “Saya telah berkomunikasi dengan Camat Nambo untuk mempersiapkan lahan seluas 30 hektar untuk mempersiapkan kampus 2 Untika. Nanti kampus yang di kota dijadikan untuk program perkuliahan S2. Dengan letak geografis yang sangat strategis, Kabupaten Banggai dengan Untika bisa menjadi universitas negeri,” cetusnya.
  3. Peningkatan SDM dosen melalui studi lanjut S3 bagi dosen-dosen yang memenuhi persyaratan dengan program beasiswa.
  4. Peningkatan penerima beasiswa bagi mahasiswa Untika baik beasiswa Bidikmisi, UKT, Prestasi Akademik, dan lain-lain.
  5. Bekerjasama dengan Pemda dalam melakukan penelitian dan pengabdian yang hasilnya akan menjadi rujukan Pemda dalam membuat atau mengambil keputusan.

“Kami bercita-cita Untika bisa sejajar dengan universitas ternama di Indonesia. Adik-adik mahasiswa terus belajar, mengembangkan diri, sehingga bisa menjadi tenaga pengajar di Untika.

Semoga cita-cita besar ini kan diwujudkan bersama karena potensinya ada,” harap Bupati. *

Baca juga: UMLB Masuk 15 Besar Unismuh Terbaik di Indonesia

  • Bagikan
error: Content is protected !!