Empat Petahana di Pilkada Sulteng, Anda belum Beruntung!

oleh -1.173 Kali Dibaca

Ilustrasi

LUWUK, Luwuktimes.id – Empat kandidat petahana pilkada serentak 2020 di Provinsi Sulteng kalah. Sebaliknya, ada dua kabupaten yang rakyatnya masih lebih memercayai kepemimpinan lama ketimbang new commer.

Ketua KPU Sulteng, Tanwir Lamaming kepada Luwuktimes.id Selasa (22/12) mengatakan, berdasarkan penetapan rekapitulasi perolehan suara kabupaten/kota di Sulteng, ada dua wilayah yang kandidat petahana menang.

“Untuk petahana berdasarkan penetapan rekap kabko (kabupaten/kota), perolehan suara yang mengungguli calon lainnya itu ada di Kabupaten Tojo Unauna dan Kabupaten Sigi,” kata Tanwir.

Untuk Kabupaten Poso, Banggai Laut, Banggai dan Kota Palu, kandidat petahananya belum beruntung.

“Sementara untuk Poso, Banggai Laut dan Banggai serta Kota Palu posisi petahana tergeser oleh calon lain,” kata Tanwir.

Dua kabupaten lain di pilkada tahun ini sambung Tanwir tidak memiliki petahana. “Morowali Utara dan Tolitoli tanpa petahana,” tambah Tanwir.

Berdasarkan hasil pleno KPU Sulteng yang dilaksanakan 18-20 Desember 2020, paslon petahana Kabupaten Poso Darmin Agustinus Sigilipu-Amjad Lawasa nomor urut 02 kalah bersaing dengan new commer, Verna Inkiriwang-M Yasin Mangun. Hasilnya, Darmin-Amjad mengantongi 53.566 suara atau 42,6 persen. Sementara Verna-M. Yasin mengoleksi 61.491 suara atau 48,9 persen.

Di Pilwakot Palu, petahana juga tidak berkutik. Paslon nomor urut 3 Hidayat-Habsa Yanti Ponulele hanya meraup 30.324 suara atau 18,9 persen. Angka ini terpaut jauh dengan pemenang Pilwakot paslon Hadianto Rasyid-Reny Lamadjido dengan 64.248 suara atau 40,1 persen.

Tidak suksesnya paslon petahana terjadi juga di Kabupaten Banggai. Paslon Herwin Yatim-Mustar Labolo berada pada peringkat kedua dengan raihan 64.362 atau 32,0 persen. Sementara paslon pendatang baru, Amirudin Tamoreka-Furqanudin Masulili meraih 88.011 atau 43,7 persen.

Baik petahana bupati maupun wakil bupati tumbang bersamaan di pilkada Banggai Laut. Weny Bukamo-Ridaya La Ode Ngkowe dan Tuty Hamid-Richard Manuas tak mampu membendung kekuatan paslon Sofyan Kaepa-Ablit dengan mengoleksi 14.107 suara atau 34,7 persen. *

(yan)

No More Posts Available.

No more pages to load.