Fasilitas PASI Banggai Memprihatinkan, Kadispora Beri Penjelasan

PASI Banggai
Lintasan lari di stadion GOR Kilongan Kecamatan Luwuk Utara Kabupaten Banggai. (Foto: Istimewa)

Reporter Sofyan Labolo

LUWUK— Fasilitas Pengkab PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia) Kabupaten Banggai saat ini cukup memprihatinkan.

Fasilitas olahraga yang berada di stadion GOR Kilongan Kecamatan Luwuk Utara Kabupaten Banggai Provinsi Sulteng itu butuh perbaikan.

Tidak representatifnya sarana itu, tentu saja berdampak buruk terhadap pencapaian prestasi atlet. Apalagi Luwuk Kabupaten Banggai akan menjadi tuan rumah Porprov ke IX se Sulteng tahun 2022.

Dari amatan Luwuk Times Jumat (04/02/2022), lintasan lari sepanjang 300-an meter itu, kini sudah bermunculan kepermukaan batu-batu domato.

Bacaan Lainnya
Baca Juga:  Mengintip Persiapan 25 Cabang Olahraga KONI Banggai (Bagian-5)

Sehingga sangat menyulitkan bagi para atlet, baik menggelar latihan ataupun pertandingan resmi mendatang.

Selain lintasan lari juga fasilitas lain butuh perbaikan. Yakni bak lompat jauh dan area tolak peluru. Termasuk kamar ganti dan kamar mandi.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kabupaten Banggai, Shofyan Lalusu mengatakan, saat ini pihaknya akan dibentuk tim verifikasi.

Tim tersebut bertugas menghitung semua anggaran perbaikan fasilitas olahraga termasuk lintasan lari stadion GOR Kilongan.

Baca Juga:  Jelang Porprov ke IX, Ketum KONI Sulteng Kunjungi Venue di Luwuk

Lagi pula sambung Kadispora Banggai, untuk pelaksanaan Porprov se Sulteng ada sharing dana antara kabupaten dan provinsi.

“Nanti kita bahas bersama provinsi untuk pembiayaan. Baru sampai disitu tahapannya. Karena akan ada dana sharing dengan provinsi,” ucap Kadispora Banggai.

Idealnya mulai kapan perbaikan sejumlah fasilitas olahraga termasuk milik PASI Banggai, mengingat agenda olahraga tingkat regional sudah berada depan mata?

Kadispora Banggai kembali memberi pendapat, “yang jelas satu bulan sebelum Porprov sudah harus jadi. Karena nantinya provinsi survei. Tapi insyaallah bisa”. *

(yan)

Pos terkait