Iklan
advertisment

Fasilitas Puskesmas Bulagi Selatan Bangkep Memprihatinkan

Ketua Komisi 1 DPRD Bangkep Irwanto IT Bua. (Foto: Istimewa)

Luwuk Times — Fasilitas Puskesmas Lolantang Kecamatan Bulagi Selatan Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) saat ini memprhatinkan.

Kondisi miris itu terungkap setelah Komisi 1 DPRD Bangkep melaksanakan monitoring dan evaluasi (Monvev) pada wilayah itu sejak awal Januari 2023.

“Sangat miris mobiler Puskesmas itu. Mejanya saja dari gardus bekas. Yang kemudian dipasangkan taplak meja,” kata Ketua Komisi 1 DPRD Bangkep Irwanto IT Bua sebagaimana dilansir Fajar Banggai, belum lama ini.

Menurut Ketua Fraksi Golkar Bintang Persatuan DPRD Bangkep, hal ini tentu saja perlu menjadi perhatian serius dari pemerintah setempat.

Baca Juga:  Pasang Baliho di Luwuk, Dandy Adhi Prabowo Siap Berkompetisi di Pemilu 2024

“Fasilitas sangat membantu. Bahkan menentukan kualitas pelayanan kesehatan. Kondisi ini harus segera mendapat respon pemerintah, Itu demi memaksimalkan pelayanan Puskesmas Lolantang,” ujar mantan jurnalis ini.

Mestinya lanjut pentolan aktivis Gumer Luwuk ini, fakta itu tidak terjadi. Apalagi fasilitas kesehatan milik pemerintah sebagai garda terdepan dalam pelayanan dasar publik pada wilayah kecamatan.

Menurutnya, kondisi tersebut tidak sesuai dengan regulasi yang mempersyaratkan kualitas fasilitas kesehatan harus kategori A plus.

Baca Juga:  Djemy Najoan Yakin Cudi-Ma'mun Raih 75-80 Persen di Banggai Bersaudara

“Itu sangat memalukan. Kondisinya sama halnya dengan menelanjangi wajah pemerintah daerah di mata masyarakat,” ujarnya.

Ia berharap, hal itu harus menjadi perhatian serius oleh pemerintah daerah. Sebab, jika tetap dibiarkan, maka akan berpengaruh terhadap kualitas pelayanan kesehatan.

Bahkan Iwan-sapaan akrabnya yakin tak hanya Puskesmas Lolantang saja. Tapi hampir semua puskesmas juga punya persoalan yang sama, yakni keterbatasan fasilitas. *

Ury

Dapatkan informasi terupdate dari Luwuk Times KLIK