237 Kali Dibaca

Hadapi MEA, Sekkab Banggai Buka Pelatihan Bagi Masyarakat Pesisir

  • Bagikan
Pelatihan Masyarakat
Pelatihan penguatan kelembagaan dan manajemen bagi pengurus koperasi dan pengawas. (Foto: Bag. Prokopim Setda Banggai)

LUWUK— Pemerintahan Amirudin bersama Furqanudin Masulili terus menggalakkan peningkatan wawasan dan pengalaman bagi .

Dinas Koperasi dan UMKM yang di pimpin Ernaini Mustatim, menggelar dengan tema “Pelatihan Penguatan Kelembagaan dan Manajemen Bagi Pengurus Koperasi dan Pengawas”. Sedang Dinas Ketahanan Pangan terkait Pelatihan Pengolahan Ikan dan Pengemasannya”, pada Kamis (18/11).

Sekretaris yang membacakan sambutan Bupati Ir. Amirudin mengatakan kegiatan hari ini merupakan suatu bentuk perhatian serius pemerintah Kabupaten Banggai.

“Kita semua untuk dapat melaksanakannya sebagai pemimpin yang bertanggungjawab terhadap jalannya pelaksanaan setiap urusan pemerintahan daerah,” ucapnya.

Baca juga: Akan ada 1000 Desa Digital di Provinsi Sulteng, Dimana Saja?

Sudah sapatutnya, kata Bupati, mulai saat ini kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat menjadi prioritas utama.

Baca Juga:  Di Mata FORKOT, Herwin Yatim Politisi Bernyali Besar

Selain menjaga etika dan norma berpemerintahan juga dapat menjalankan sistem pemerintahan yang baik dan bersih.

POTENSI

Olehnya itu, Bupati mengajak semua elemen untuk bahu membahu menyatukan mindset, selalu fokus serta menyamakan visi misi kesejahteraan masyarakat yang adil dan makmur bisa terwujud.

Dengan karakter daerah sebagai wilayah , potensi perikanan kata Bupati sangat tinggi. Sehingga untuk memaksimalkan pengolahan potensi, membutuhkan pelatihan dan pendampingan mengenai teknik pengolahan produk perikanan beserta desain yang baik dan benar.

Dengan teknik pengolahan yang semakin handal, kata Bupati akan berpengaruh terhadap kualitas produk. Sedang dari sisi kemasan sangat berpengaruh terhadap respon pasar.

Kegiatan seperti ini sangat penting sambung Bupati, demi kemajuan usaha perikanan dalam rangka mengahadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Baca Juga:  Moh. Arapip, Pasien Penderita Hidrocepalus Dirujuk ke Palu

Baca juga: Warga Kabupaten Banggai yang Tervaksin Baru 36 Persen

“Olehnya itu, pemberdayaan masyarakat secara mental dalam rangka meningkatkan kemampuan dan persoalan pesisir dititikberatkan kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui perluasan kesempatan berusaha,” tuturnya.

Adapun pada kelembagaan dan manajemen Koperasi, Bupati Amirudin menghendaki agar badai Pandemi dapat jadikan momentum untuk menghadirkan visi baru pada tengah perubahan sosial ekonomi yang sangat dinamis.

Salah satu prinsip dalam memajukan koperasi katanya adalah meningkatkan kemampuan, memperluas wawasan pengurus, pengawas, dan anggota koperasi.

Turut hadir pada pelatihan, Kadis Koperasi dan UMKM Ernaini Mustatim, Kadis Ketapang Rudi PK Bullah, Narasumber Direktur D&D Indonesia Jakarta Delli Gunarsa, SE, Maria Mahdalena, dan perwakilan Provinsi Sulteng Hj. Aminah.*

(Bag. Prokopim Setda Banggai)

  • Bagikan
error: Content is protected !!