133 Kali Dibaca

Hanya Enam Parpol Elektabilitas di Atas 4 Persen

  • Bagikan
KPU Banggai
Kantor KPU Kabupaten Banggai

JAKARTA– Populi Center merilis terbaru terkait   (parpol) di atas . Hasilnya, hanya enam parpol yang memiliki elektabilitas di batas ambang batas parlemem atau parliamentary threshold.

Suara.com melansir, saat ini ada sembilan partai politik yang lolos ambang batas parlemen pada Pemilu 2019. Sehingga sembilan partai tersebut kekinian memiliki kursi di DPR RI.

“Hasil temuan survei kali ini, data menunjukkan terdapat 6 partai yang mendapat persentase elektabilitas di atas 4 persen,” kata Peneliti Populi Center, Nurul Fatin Afifah dalam paparannya secara daring, Rabu (20/12/2021).

Enam partai politik yang memiliki elektabilitas di atas empat persen berdasarkan survei, yakni 20,5 persen; Gerindra 13,1 persen; Demokrat 9,6 persen; Golkar 8,3 persen; PKB 8,2 persen dan PKS 7 persen.

Baca Juga:  Komite Seleksi Film Indonesia Untuk Oscar Mulai Bekerja

Adapun tiga partai politik yang kini memiliki kursi di DPR, pada survei kali ini mereka justru memperoleh persentase di bawah 4 persen antara lain, NasDem (3,9 persen), PPP (2,8 persen), dan PAN (1,7 persen).

Kemudian Perindo (1,2 persen), PSI (0,7 persen), Gelora (0,3 persen), PBB (0,3 persen), Hanura (0,3 persen), dan Garuda (0,3 persen).

Baca juga: Terdakwa Korupsi Pesawat Garuda Indonesia Hadinoto Meninggal

“Tidak ada responden yang memilih partai Ummat, PKPI, dan Berkarya pada survei kali ini. Sisa angka masuk kategori tidak tahu/tidak jawab,” kata Nurul.

Baca Juga:  Oktober, Seleksi Calon Anggota KPU dan Bawaslu Dimulai

Diketahui, survei dilakukan Populi Center mulai tanggal 1 hingga 9 Desember 2021 yang tersebar secara proporsional di 34 provinsi di Indonesia.

Responden dipilih secara acak dari populasi pemilih yakni penduduk berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dari basis data populasi survei Populi Center sejak tahun 2013-2021.

Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode acak sederhana (simple random sampling) dari kerangka sampling yang dimiliki Populi Center. Pengacakan responden dilakukan pada tingkat provinsi.

Adapun Margin of error pada survei ini sebesar ±2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei dilakukan dengan menggunakan pendanaan internal. *

(suara.com)

  • Bagikan