Hasil Sosialisasi, Masyarakat Masama Dukung Pertambangan Nikel

oleh -1.258 Kali Dibaca
Sosialisasi PT. Banua Kita Pura di Kecamatan Masama terkait investasi biji Nikel, Jumat (26/03). (Foto: Istimewa)

LUWUK, Luwuk Times.ID – Kehadiran investasi biji nikel mendapat dukungan dari masyarakat Kecamatan Masama Kabupaten Banggai. Dukungan ini menjadi kesimpulan dari sosialisasi investasi biji Nikel PT. Banua Kita Pura (BKP) yang dilaksanakan pada Jumat, (26/3).

Dari jalannya diskusi antara masyarakat dengan perusahaan yang berlangsung dua sesi itu, tidak ada pernyataan penolakan dari warga.

Kepada perusahaan, beberapa warga yang diberi kesempatan untuk berbicara memberikan saran agar selama menjalankan aktivitas pertambangan memperhatikan peraturan dan ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah.

“Tenaga kerja yang tidak memiliki keahlian (skil), kiranya dapat diperhatikan oleh perusahaan. Dicarikan jalan keluarnya agar dapat bekerja di perusahaan,” ucap salah seorang warga.

“Kami tidak menolak. Tapi mohon dijaga sumber pengairan bagi pertanian dan perkebunan kami,” sambung warga lagi.

Sosialisasi itu dihadiri Pemerintah Kecamatan Masama, Kapolsek Masama, Danramil Masama, Kepala Desa Tompotika Makmur, Simpangan, Kospa Karya, Kospa Duata Karya, Kembang Merta, Andala, Purwo Agung, Kades Ranga-Ranga, Kades Eteng, Kades Padangon, Kades Taugi, Tangeban, Serese, Tokoh Masyarakat, dan Aparat Desa.

Sambutan Camat Masama yang diwakili salah satu pegawainya mengatakan, masyarakat perlu menyimak sebaik mungkin apa yang disampaikan oleh perusahaan sehingga bisa memperoleh informasi yang valid terkait tujuan investasi Nikel.

Selanjutnya, Kapolsek Masama AKP I Nyoman Dunia mengharapkan kepada masyarakat agar tetap mengedepankan azas permusyawaratan dalam menyambut investasi yang masuk.

“Mari kita dengar bersama-sama sosialisasi ini. Jangan mendengar suara-suara di luar yang mengganggu Kamtibmas,” tegasnya.