Herwin Diapresiasi Tokoh Pers Nasional, Iskandar Resmi Pimpin PWI Banggai

oleh -798 Kali Dibaca
Ketua PWI Sulteng Mahmud Matangari. (Foto: Sofyan)

LUWUK, Luwuktimes.id – Bupati Banggai, H. Herwin Yatim mendapat apresiasi dari Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sulteng, Mahmud Matangari. Respons itu disampaikan tokoh pers nasional itu, saat memberikan sambutan pada pengukuhan PWI Kabupaten Banggai periode 2020-2023 bertempat di Hotel Permai Luwuk, Sabtu (19/12).

Dihadapan Ketua DPRD Banggai, perwakilan Kapolres dan Dandim 1308 LB dan para pegiat jurnalis Kabupaten Banggai, Mahmud berujar, Herwin Yatim memiliki kepedulian yang tinggi terhadap kegiatan wartawan di daerah ini. Hal itu tercermin lewat aktifnya Herwin menghadiri setiap gawean jurnalis, termasuk pengukuhan PWI Kabupaten Banggai ini.

“Pak bupati selalu setia dengan kegiatan para wartawan. Dan kami tidak melupakan itu,” kata Mahmud.

Keberadaan PWI di daerah ini kata Mahmud sangatlah penting. Karena kerja-kerja jurnalis sangat dibutuhkan, utamanya berkaitan dengan program kerja pemerintah daerah.

Apresiasi alias ‘patende’ Mahmud buat Herwin yang juga Ketua DPC PDIP Kabupaten Banggai ini rupanya masih berlanjut.

Kata dia, hanya dua bupati Banggai yang namanya terus melekat di hati masyarakat termasuk kalangan pekerja pers. Kedua tokoh itu sebut Mahmud yakni almarhum Sudarto dan Herwin Yatim.

Mahmud mengaku, baik almarhum Sudarto maupun Herwin, mampu menjalin komunikasi dengan baik. Meskipun dekat dengan para kuli tinta, namun tekan dia, tidak mesti menghilangkan independensi sebagai pewarta.

“Pak Sudarto dan pak Herwin bagi kami punya komunikasi yang baik terjalin selama ini. Bukan berarti hilangkan independensi. Wartawan itu tetap menulis sesuai UU pers dan kode etik jurnalis. Seorang jurnalis dikenal dengan tulisannya,” kata Mahmud.

Kepada PWI Banggai yang baru dikukuhkan, Mahmud berpesan untuk tetap eksis dengan program kerja nyata.

Ujian kompetensi wartawan (UKW) yang telah dua kali dilaksanakan di Kabupaten Banggai agar terus diprogramkan. Sebab melalui UKW, maka akan lahir para wartawan berkompetensi sekaligus memprioritaskan profesionalitas profesi yang diembannya.

“Saya harap PWI Banggai kedepan semakin mantap. Teman-teman jurnalis wajib membangun daerah, lewat karya-karya jurnalisnya,” kata Mahmud.

Pada kesempatan itu, Mahmud juga mengucapkan terima kasih kepada JOB Tomori yang turut memberikan dukungan terkait telah dilaksanakannya dua kali UKW di Kabupaten Banggai.

Sebelumnya, Mahmud resmi melantik PWI Banggai, yang diketuai Iskandar Djiada, Sekretaris Mulyadi T. Bua dan Bendahara Abd. Salah Talibu. Pada kesempatan itu, Mahmud menyerahkan bendera pataka kepada Iskandar Djiada yang juga big bos Koran Harian Banggai Raya ini. *

(yan)

No More Posts Available.

No more pages to load.