Herwin Yatim Dinobatkan Sebagai Sesepuh Masyarakat Adat Banggai

oleh -1.937 Kali Dibaca
H. Herwin Yatim

LUWUK, Luwuktimes.id – Sudah sangat tepat jika ada persepsi yang menyebut bahwa Herwin Yatim (HY) lebih Saluan dari pada orang Saluan.

Bukti komitmen HY sebagai sosok anak daerah itu terjawab setelah akan dilaksanakannya kegiatan bertajuk penobatan sesepuh masyarakat adat Banggai yang rencananya dihelat Jumat (23/10/2020) besok.

Berdasarkan surat yang beredar di media sosial (medsos) Kamis (22/10/2020), kegiatan itu akan dilaksanakan pukul 16.00 wita di Tugu Maleo Kelurahan Karaton Kecamatan Luwuk.

Ada lima prosesi pada kegiatan sakral tersebut. Yakni pemakaian baju adat kebesaran Bosanyo Luok, pemakaian ikat pinggang, pemakaian keris adat, singgal kebesaran Bosanyo Luok dan pemakaian salempang.

Ada pula alat kelengkapan prosesi dan kegiatan, meliputi pataka dewan adat, bendera merah putih, bendera adat babasal, karpet merah, payung adat, cakalele dan gendang.

Dalam surat ber cop dewan adat Banggai Provinsi sulteng itu juga menginformasikan tentang rincian kegiatan lain, yakni sambutan dewan adat Banggai dan sambutan sesepuh masyarakat adat Banggai oleh HY yang juga Bupati Banggai tersebut.

Sekretaris Adat Batumundoan Banggai, H. Sophansyah Yunan yang dikonfirmasi mengatakan, kegiatan itu diluar dari tanggung jawab adat. Alasan dia, karena tidak ada dalam struktur kelembagaan adat yang namanya dewan adat.