Ini Hasil PSU di TPS 4 Kelurahan Luwuk

PSU di TPS 4 Luwuk. (Foto: Sofyan)

LUWUK, Luwuktimes.id – Pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 4 Kelurahan Luwuk Kecamatan Luwuk Kabupaten Banggai, yang dilaksanakan Minggu (13/12), berlangsung lancar.

PSU yang dimulai pukul 13.32 wita itu diawali pilkada Sulteng. Paslon 02 Rusdi-Ma’mun unggul dengan 99 suara, sedang paslon 01 Hidayat-Bartho meraup 23 suara.

Pemilihan ulang yang dilaksanakan di Balai Pertemuan Umun (BPU) Kelurahan Luwuk itu, menjadi perhatian berbagai kalangan. Sebelum dimulai, Kapolres Banggai bersama Dandim 1308/LB bertandang di TPS itu.

Begitu pula Plt Ketua Bawaslu Banggai, Saipul Saide, komisioner KPU Banggai, Makmur Manesa juga ikut hadir pada pemilihan ulang tersebut.

Bacaan Lainnya
Baca Juga:  Besok, Deklarasi Dukungan Banggai Emas untuk WINSTAR Jilid II

Cukup signifikan jumlah wajib pilih yang tidak menggunakan hak pilih pada PSU. Dari 259 surat suara yang disiapkan KPPS, yang terpakai hanya 128 surat suara. Sementara tidak terpakai sebanyak 131 surat suara. Untuk surat suara sebanyak 122 lembar dan yang tidak sah 6 lembar.

Sementara itu, untuk PSU Pilkada Banggai paslon Herwin Yatim-Mustar Labolo (WINSTAR) menang.

Baca Juga:  Ini Pengganti Sementara Empat Mantan Komisioner Bawaslu Banggai

Paslon nomor urut 03 ini menggondol 71 suara, disusul paslon Amirudin Tamoreka-Furqanudin Masulili (AT-FM) 53 suara dan paslon Sulianti Murad-Zainal Abidin Alihamu (HATIMU) 4 suara.

Baca juga: Hari Minggu, TPS 4 Kelurahan Luwuk PSU, Ini Pemicunya

VOTING DAY

Sebelumnya pada pencoblosan di tanggal 9 Desember 2020, paslon WINSTAR di TPS ini mengantongi sebanyak 90 suara disusul AT-FM 62 suara dan HATIMU 37 suara. Dari 252 wajib pilih yang tidak menggunakan hak pilih di TPS ini sebanyak 63 orang.

Biro saksi AT-FM kecamatan, Prayudi Baharullah mengatakan, secara akumulasi, kandidat kami menang di Kecamatan Luwuk.

Baca Juga:  Alumni 84 SMPN 1 Luwuk Suplai Bantuan ke Mamuju

Mengacu dari data sebelum PSU, paslon 01 meraih 4.813 suara, paslon 02 5.404 suara dan paslon 03 5.069 suara.

Dari 68 TPS se Kecamatan Luwuk kata Udi-sapaan Prayudi Baharullah, AT-FM unggul di lima desa/kelurahan, HATIMU menangkan empat desa/kelurahan. Sedang paslon petahana hanya unggul di satu wilayah, yakni Kelurahan Bungin Timur.

“Dari 10 kelurahan/desa, AT-FM menang di Tontouan, Bungin, Luwuk, Soho dan Kelurahan Karaton. HATIMU menang di empat kelurahan/desa dan Winstar satu kelurahan/desa,” kata Udi. *

(yan)

Pos terkait