Kampung Tangguh Launching di Palu-Donggala

oleh -152 Kali Dibaca
Launching kampung tangguh nusantara Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Kamis (25/02/2021). (FOTO: Bidhumas Polda Sulteng)

PALU, Luwuk Times.ID— Dua petinggi TNI-Polri di Sulawesi Tengah melakukan launching kampung tangguh nusantara di Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Kamis (25/2/2021).

Rilis Bidhumas Polda Sulteng yang diterima Luwuk Times, Sabtu (27/02/2021), kampung tangguh yang mendapat penghormatan untuk dikunjungi Kapolda Sulteng Irjen Polisi Drs. Abdul Rakhman Baso, SH dan Komandan Korem 132 Tadulako Brigjen TNI Farid Makruf, M.A itu adalah BTN Citra Pesona Indah RT. 002/004 Kel. Talise Valangguni Kec. Mantikulore Kota Palu dan Kelurahan Boya Kecamatan Benawa Kab. Donggala.

Dalam sambutannya Kapolda Sulteng antara lain mengungkapkan, kampung tangguh nusantara adalah program TNI-Polri untuk menjaga kesediaan pangan dan penguatan ekonomi rakyat akibat pandemi covid-19, yang bersinergi dengan pemerintah untuk menciptakan masyarakat yang tangguh di bidang ekonomi, bidang sosial budaya dan bidang keamanan dalam menghadapi pandemi covid-19.

Sesuai dengan perintah Presiden RI Ir. Joko Widodo, di masa pandemi covid-19, diharapkan kesediaan pangan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat harus tetap terjaga.

Oleh sebab itu, program ketahanan pangan yang dilaksanakan oleh TNI-Polri dalam memanfaatkan lahan-lahan kurang produktif agar ditanami dengan tanaman cepat panen, ungkap Rakhman Baso

Orang nomor satu di Polda Sulteng juga mengharapkan dengan kehadiran kampung tangguh diharapkan jadi wujud gotong-royong masyarakat untuk saling bantu memutus mata rantai covid-19. Untuk itu, saya berpesan kepada warga masyarakat agar saling mengingatkan tentang bahaya covid-19.

“Upaya pencegahan harus dilakukan dengan cara menerapkan protokol kesehatan secara ketat, yaitu; 5M (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, membatasi mobilisasi dan Interaksi,” pesannya.

Sehingga ketika ada warga yang terkonfirmasi positif covid-19, atau terdampak sosial ekonomi, warga melakukan langkah-langkah bersama-sama dengan dukungan pemerintah dan TNI-Polri, tutup Kapolda Sulteng ini.

Launching Kampung tangguh nusantara dihadiri pejabat utama Polda Sulteng dan unsur Forkopimda di masing-masing wilayah. Pada kesempatan tersebut Kapolda Sulteng didampingi Danrem 132 Tadulako berkesempatan menyerahkan bantuan berupa dua dos Alat Pelindung Diri (APD), alat semprot disinvektan dan enam doss masker.

(rls/yan)