Kapolres Minta KPU Jangan Mengulangi Kasus di Pileg 2019

LUWUK, Luwuktimes.id – Kapolres Banggai AKBP Satria Adrie Vibrianto SIK, MH, didampingi Dandim 1308/LB Letkol Inf. Fanny Pantouw, memimpin rapat koordinasi dan evaluasi pengamanan Pilkada Serentak tahun 2020 di Aula Rupatama Mapolres Banggai, Selasa (3/11).

Hadir dalam kegiatan itu yakni, Ketua KPU Zaidul Bahri Mokoagow, Ketua Bawaslu Bece Abdul Junaid, perwira Polres Banggai, Sekretaris Dinas Dukcapil, Kaban Kesbang Pol, Dankie C Yonif 714 SM Kapten Inf Zulfikar, Kejari Luwuk dan Dan Pos TNI AL Luwuk Letda Laut Dwi Purwanto.

Baca Juga:  7 Lembaga Survei Tempatkan Herwin-Mustar Diatas 50 Persen

Dalam penyampaiannya, Kapolres menyampaikan bahwa kegiatan ini guna membahas setiap permasalahan selama kegiatan tahapan penyelenggaraan Pilkada baik secara teknis maupun non tehnis demi terselenggaranya Pilkada Banggai yang aman dan damai.

“Pelaksanaan Pilkada ini bukan hanya tanggung jawab pihak penyelenggara pemilihan, tapi ini merupakan tanggung jawab semua pihak baik unsur Forkopimda maupun Stakeholder lainnya,” kata AKBP Satria.

AKBP Satria menerangkan, pelaksanaan pesta demokrasi harus berjalan sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku sampai dengan selesai.

Bacaan Lainnya
Baca Juga:  Tak hanya PTUN, WINSTAR Adukan KPU dan Bawaslu ke DKPP

“Ini sudah mendekati voting day. Disaat mendekati voting day, banyak kemungkinanan-kemungkinan yang bisa saja terjadi,” terang AKBP Satria.

Untuk itu, lanjut orang pertama di Polres Banggai ini, dalam mengatasi sejumlah kemungkinan tersebut semua pihak harus terus menjalin komunikasi, bersinergi dan saling mendukung guna meminimalisir terjadinya hambatan.

Baca Juga:  Partisipasi Pemilih Kecamatan Luwuk Terendah, Begini Klarifikasi PPK

“Jadi sebelum terjadi, kita harus antisipasi dari awal. Profesional dan netrlitas menjadi kunci suskses pelaksanaan Pilkada di daerah kita. TNI Polri akan tetap netral,” ungkap mantan Wakapolres Sidrap, Polda Sulsel ini.

Selain itu terkait logistik, tambah perwira berpangkat dua melati ini, agar pihak KPU dapat merencanakan kesiapannya dari pelipatan hingga pendistribusian agar dapat tepat waktu.

“Sehingga tidak terjadi permasalahan seperti Pemilu Tahun 2019 lalu,” harap AKBP Satria.*

(hae/yan)

Pos terkait