Ketua Bawaslu Apresiasi 4 PAW Bawaslu Banggai, Ini Profil Mereka

oleh -647 Kali Dibaca
Ketua Bawaslu RI, Abhan didampingi dua komisioner Bawaslu Sulteng. (FOTO: Sofyan)

LUWUK, Luwuk Times.ID— Apresiasi diberikan Ketua Bawaslu RI, Abhan kepada empat anggota Bawaslu Kabupaten Banggai sisa masa jabatan 2021-2023 yang baru dilantiknya, di Hotel Santika Luwuk, Senin (18/01).

Menurut Abhan yang ditemui sejumlah media online, keempat komisioner Bawaslu Banggai itu merupakan figur pilihan.

“Mereka terbaik diantara yang baik-baik,” kata Abhan.

Orang nomor satu di lembaga pengawasan pemilu ini menilai, kinerja tim seleksi (timsel) rekrutmen calon PAW anggota Bawaslu Banggai sudah sangat baik.

“Prosesnya transparan. Masukkan masyarakat tidak hanya ke timsel. Tapi juga masuk ke kami,” ucap Abhan.

Harapan Abhan, keempat komisioner Bawaslu Banggai yang baru ini dapat melaksanakan tugas dengan baik sekaligus mampu menjaga integritas.

“Mudah-mudahan empat komisioner yang baru ini amanah dalam mengemban tugas. Karena pilkada belum selesai. Masih ada tahapan yang ingin diselesaikan,” kata Abhan.

Seperti masalah di Mahkamah Konstitusi (MK). Bawaslu sambung Abhan, sebagai pihak yang memberi keterangan atas permohonan pihak pemohon di MK. Dalam mengahadapi tahapan itu, Bawaslu Banggai harus siap.

Baca juga:

Bawaslu RI segera Putuskan Permohonan Koreksi Winstar, Kapan?

Sebelum dilantik untuk mengisi kekosongan kursi di Bawaslu Banggai, empat komisioner Bawaslu Banggai ini telah mengikuti sejumlah tahapan seleksi.

Diawali dengan seleksi administrasi. Test perdana itu 24 orang dinyatakan lulus.

Seleksi psikotes dan ujian tertulis, timsel yang diketuai DR. Mohammad Tavip, SH, M. Hum selanjutnya meluluskan 15 calon.

Jumlah ini kembali mengerucut setelah masuk tahapan test kesehatan dan wawancara. Timsel melahirkan 8 calon yang mengikuti uji kepatutan dan kelayakan oleh Bawaslu RI.

Dan hasil fit and proper test oleh Bawaslu RI memutuskan empat komisioner Bawaslu Banggai, yang selanjutnya dilantik langsung oleh Ketua Bawaslu RI.

Keempat komisioner yang baru ini tidak perlu diragukan kemampuan mereka di dalam melaksanakan tugas-tugas sebagai penyelenggara. Betapa tidak, mereka memiliki latar belakang sebagai penyelenggara.

Rahman Sangkota, berangkat dari Panwascam Pagimana di pileg 2019 dan di pilkada 2020, Indrawati Panwascam Simpang Raya di pileg 2019 dan di pilkada 2020, Ridwan staf Bawaslu Kabupaten Banggai dan Lasadam Lamadusu merupakan mantan Panwascam Luwuk di pilkada 2015 dan PPK Luwuk di pileg 2019 serta di pilkada 2020.

Hal ini cukup memberi gambaran bahwa kemampuan mereka mumpuni dalam melaksanakan tugas baru yang sebelumnya diemban oleh Bece Abd. Junaid, Muh. Adamsyah Usman, Marwan Muid dan Nurjanah Ahmad itu.

Selamat bertugas. *

(yan)