Ketua Bawaslu RI Disambut Kasat Pol PP Disorot Mantan Panwaslu

oleh -1.440 Kali Dibaca
Ketua Bawaslu RI Abhan didampingi Kasat Pol PP Kabupaten Banggai di bandara SAA Luwuk. (Foto: Istimewa)

LUWUK, Luwuk Times.ID— Penyambutan Ketua Bawaslu RI, Abhan oleh Kasat Pol PP Kabupaten Banggai di bandara Syukuran Aminudin Amir (SAA) Bubung Luwuk Kabupaten Banggai menuai sorotan.

Kritikan itu dilontarkan mantan Ketua Panwaslu (sebelum berganti Bawaslu) Kabupaten Banggai, Suhartono Sahido.

“Kedatangan Abhan di Luwuk Sulteng bagi saya tidak etis ketika disambut Kasat Pol PP dan pendukung paslon tertentu,” kata Suhartono kepada Luwuk Times, Kamis (07/01) tadi malam.

Secara hirarki kelembagaan kata Suhartono, tidak ada keterkaitan hubungan kerja antara Bawaslu dan Pemkab Banggai.

Namun pemandangan sore tadi di bandara SAA, Kasat Pol PP Kabupaten Banggai menyambut kedatangan Ketua Bawaslu RI bersama tim Winstar.

“Menjadi pertanyaan publik, ada apa maksud kedatangan Abhan ke Luwuk dan disambut istimewa Pemkab Banggai,” tanya Suhartono.

Kondisi ini sambung dia, diluar kebiasaan perlakuan Pemkab Banggai terhadap Bawaslu selama ini. Semisal, ketika komisioner Bawaslu RI Ratna Dewi Pettalolo dan mantan ketua Bawaslu RI Bambang Eka Cahaya Widodo, ketika melakukan kunjungan kerja di daerah ini, nyaris tidak terdengar gaungnya, apalagi disambut dengan pengalungan bunga.

Bahkan sambung Suhartono, Ketua Bawaslu Banggai tidak terlihat pro aktif dalam penyambutan itu. Justru pejabat dilingkup Pemda Banggai yang menempel dekat Ketua Bawaslu RI Abhan.

Ono-sapaan akrab Suhartono Sahido ini sengaja menyorotinya, karena diketahui paslon petahana Herwin Yatim-Mustar Labolo (Winstar) saat ini sedang mengadukan paslon Amirudin Tamoreka-Furqanudin Masulili (AT-FM), terkait tuduhan pelanggaran administrasi TSM PKH.

Pasca putusan Bawaslu Sulteng menolak laporan petahana, paslon nomor urut 03 itu mengadukan keberatan atas putusan itu kepada Bawaslu RI.

“Nah letak tidak etisnya itu,” kata Ono.

Sebagai tim AT-FM lanjut dia, pihaknya sedang menyelidiki masalah ini. Bahkan bukan tidak mungkin akan mengadukan ke DKPP RI, apabila ternyata ada indikasi perlakuan parsial lembaga pengawas tersebut.

Pelaksana tugas (Plt) Ketua Bawaslu Kabupaten Banggai, Saipul Saide tidak memberi keterangan, ketika disodorkan pertanyaan terkait agenda Ketua Bawaslu RI di wilayahnya.

Di konfirmasi via WhatsApp, Saipul tidak memberi jawaban. *

(yan)

No More Posts Available.

No more pages to load.