Konferensi Pers tak Dihadiri Khel, Begini Klarifikasi JPD dan ID

oleh -171 Kali Dibaca
Konferensi pers yang dilaksanakan di ruang Fraksi PAN DPRD Banggai, Jumat (16/04/2021). (Foto: Sofyan/Luwuk Times)

LUWUK, Luwuk Times.ID— Bertempat di ruang Fraksi PAN DPRD Banggai, DPD PAN Banggai menggelar konferensi pers, Jumat (16/04/2021).

Hanya saja konferensi terkait keputusan tentang pengesahan pengurus DPD PAN Banggai periode 2020-2025 itu tidak lengkap. Pasalnya, tanpa dihadiri Sekretaris DPD PAN Banggai, Michael Tendean.

Lahir spekulasi politik bahwa absennya Khel-sapaan Michael Tendean pada konferensi yang dipandu Ninin Zahra itu sebagai bentuk protes Khel. Betapa tidak pada Musda ke V partai berlambang matahari terbit ini Khel dilegitimasi sebagai ketua partai peraih 3 kursi di DPRD Banggai itu.

Namun oleh DPP PAN yang dinahkodai Zulkifli Hasan memilih Jodi Prakoso Dayanun (JPD) sebagai ketua baru sekaligus menggantikan Ibrahim Darise.

Luwuk Times melontarkan pertanyaan itu, ketika diberi waktu untuk sesi tanya jawab.

Ketua DPD PAN Banggai terpilih JPD mengaku sebelum konferensi dilaksanakan, dirinya sudah berkomunikasi dengan Khel agar menghadiri kegiatan ini.

“Saya sudah komunikasi dengan khel. Mungkin saja khel berhalangan hadir,” jawab JPD.

Adanya asumsi bahwa ini sebagai bentuk sikap protes Khel yang juga menjabat sebagai Ketua BM PAN Kabupaten Banggai sehingga absen juga dijawab JPD.

“Ini bukan sikap protes. Saya kira tidak ada yang ditinggalkan. Dan sebagai kader PAN di daerah, wajib menghormati apa yang menjadi keputusan DPP,” kata putra almarhum Haris Dayanun ini.

Bagaimana jika benar Khel keberatan atas keputusan DPP, apa konsekwensi yang harus diterapkan?

JPD tidak ingin berspekulasi atas susulan pertanyaan tersebut.

Legislator termuda di parlamen lalong ini memberi jawaban normatif.

“Semua kami kembalikan kepada DPP sebagai pengambil keputusan,” jawab sembari mengajak kepada seluruh kader PAN Banggai untuk menyatukan langkah demi eksistensi partai ini kedepan.

Sementara itu, mantan Ketua DPD PAN Banggai juga Wakil Ketua DPW PAN Sulteng, Ibrahim Darise (ID) menjelaskan, dapat dimaklumi ketika tidak semua pengurus DPD PAN Banggai yang baru dapat hadir pada konpres ini. Alasan ID, karena cuaca tidak bersahabat.

“Mungkin Jodi tdk bisa hadirkan semua pengurus, karena cuaca tidak bersahabat. Tapi paling tidak yang hadir hari ini lebih dari 50 persen pengurus,” kata ID.

Terkait absennya Khel juga disentil aleg empat periode ini.

“Soal sekretaris absen, saya kira Ketua terpilih sudah ada upaya membangun komunikasi dengan yang bersangkutan,” jelas ID. *

(yan)