Mampukah PAN Keluar dari Langganan 3 Kursi di DPRD?

oleh -124 Kali Dibaca
Ketua DPD PAN Banggai, Jodi Prakoso Dayanun dan mantan Ketua DPD PAN Banggai, Ibrahim Darise, Jumat (16/04/2021). (Foto: Sofyan/Luwuk Times)

LUWUK, Luwuk Times.ID – Pucuk pimpinan PAN Banggai resmi beralih. Dari Ibrahim Darise (ID) kepada Jodi Prakoso Dayanun (JPD).

Lahir pertanyaan, apakah pergantian ketua partai dari kaum tua kepada kaum milenial ini mampu menjawab tantangan buat PAN yang beberapa kali pemilu legislatif langganan dengan 3 kursi di DPRD Banggai?

Jumat (16/04/2021) bertempat di ruang Fraksi PAN DPRD Banggai, Ketua DPD PAN Banggai terpilih periode 2020-2025, JPD dengan nada lantangnya mengaku optimistis.

Tak hanya JPD. Sejurus dengan itu, mantan Ketua DPD PAN Banggai yang juga Wakil Ketua DPW PAN Sulteng, ID juga yakin partainya memiliki progress menjanjikan pasca dihandel kalangan muda.

Didampingi Bendahara DPD PAN Banggai, H. Akmal Ilyas bersama para pengurus partai lainnya JPD berujar, setelah mengantongi SK DPP PAN yang ditanda-tangani Ketua Umum (Ketum) Zulkifli Hasan dan Sekretaris Umum (Sekum) Edi Suparno, tentu ada sejumlah kegiatan yang dilaksanakan.

“Kita akan menggelar rapat kerja daerah (Rakerda) serta melaksanakan konsolidasi pada semua tingkatan kepengurusan partai,” kata JDP.

Sementara untuk program jangka panjang sambung JPD yakni mempersiapkan kekuatan menghadapi momentum pemilu legislatif (pileg) 2024 sekaligus persiapan mengusung kandidat bupati/wakil bupati Banggai.

“Khusus pileg, PAN akan selektif dalam menjaring para caleg. Sehingga PAN bisa menambah jumlah perwakilan di lembaga legislatif,” kata JPD.

Bahkan JPD punya obsesi untuk mendorong kader perempuan menjadi anggota DPRD Banggai di masa kepemimpinannya.

Satu pesan JPD buat para pengurus baru, yakni jadilah matahari yang selalu menyinari dan memberi kepada semua. Karena matahari tidak pernah ingkar.

Mantan Ketua DPD PAN Banggai, ID menambahkan, PAN secara nasional menargetkan masuk tiga besar.

Dengan terpilihnya JPD sebagai ketua dan dibantu oleh Michael Tendean sebagai Sekretaris serta H. Akmal Ilyas sebagai Bendahara, maka ID sangat optimis PAN mampu eksis dan mewujudkan target secara nasional tersebut.

“Sebagai mantan Ketua DPD PAN Banggai, saya sangat berharap tagline nasional 3 besar bisa diwujudkan. Begitu pula target 3 besar di Banggai mampu diwujudkan. Saya berdoa semoga kepengurusan baru ini tetap solid,” kata ID.

“Jika pengurus sinergi mulai dari kabupaten sampai pada sub ranting, saya yakin target itu bisa terwujud. Minimal naik dua digit dari tiga kursi yang ada sekarang,” tambah ID. *

Baca juga: Pimpin PAN, JPD dapat Dukungan Moril Haji Amir

(yan)