Masjid Raya At Thayyibah Jadi Saksi Berkembangnya Warga di Dataran Toili

oleh -276 Kali Dibaca
Masjid Raya At Thayyibah menjadi salah satu saksi berkembangnya masyarakat di dataran Toili. (Foto: Utsman/Luwuk Times)

TOILI, Luwuk Times.ID – Rumah Ibadah yang bernama Masjid Raya At Thayyibah ini berada di Jalan Ahmad Yani nomor 1, Kelurahan Cendana Pura. Letaknya sangat strategis. Karena berada di ruas jalan poros pusat pemerintahan Kecamatan Toili atau tepatnya dilingkungan Yayasan Pendidikan Darul Ulum dan berhadapan langsung dengan Pasar Rakyat Toili.

“Masjid ini sudah ada sejak masa awal masuknya program transmigrasi  ke dataran Toili. Dibangun oleh transmigasi kala itu dan pengelolaannya diteruskan kepada Pemda sertadan akhirnya oleh masyarakat Toili,” kata Ta’mir Masjid Raya At Thayyibah, Nurhayat yang ditemui Luwuk Times ba’da shalat Ashar, Rabu (28/04/2021).

Bangunan masjid awalnya kecil. Karena hanya memenuhi kebutuhan masyarakat transmigran saat itu.

Setelah beberapa renovasi bangunan masjid kini sudah cukup megah dan dilengkapi fasilitas AC untuk kenyamanan jemaah. Masjid itupun dapat menampung hingga 1.000 jamaah.

Renovasi masih akan terus dilakukan secara bertahap dengan swadaya masyarakat. Salah satunya dalam waktu dekat direncanakan untuk memperindah taman dan pembangunan tempat parkir.

“Kita bangun secara bertahap. Bahkan tidak jarang pengurus harus menombok biaya pembangunannya. Tapi, semua itu ikhlas demi kepentingan bersama,” kata mantan anggota DPRD Kabupaten Banggai selama dua periode ini.

Mengenai keunikannya, Nurhayat yang juga Ketua Yayasan Darul Ulum Toili mengungkapkan, masjid ini tidak pernah sepi jamaah. Disaat hari kerja, masjid dipadati oleh para siswa, pegawai kecamatan, dan anggota Polsek Toili.

Tidak hanya itu, ketika masa awal merintis Universitas Muhammadiyah Luwuk bersama Basri Sono yang kala itu masih menjabat Sekab Banggai, Nurhayat pernah memanfaatkan lingkungan Masjid Raya At Thayyibah sebagai tempat belajar jarak jauh bagi mahasiswa Fakultas Tarbiyah.

“Kita akan terus bangun bersama-sama. Kita berharap masjid ini terus makmur, dan jamaahnya istiqomah serta terus bertambah dari hari ke hari.” tutup Nurhayat. *

Baca juga: Keunikan Masjid Al Ukhuwwah yang Dibangun di Kawasan Prostitusi

(man)