Mengenal Dekat Tuty Hamid, Figur yang Dijuluki Ibu Risma Balut

oleh -376 Kali Dibaca
Calon bupati Banggai Laut, Tuty Hamid

NAMANYA Dra. Hj. Tuty Hamid. Dia lahir di Banggai, 7 November 1955. Satu kelebihannya dibanding kalangan gender di wilayah maritim tersebut. Tuty merupakan perempuan pertama yang menjadi Wakil Bupati Banggai Laut. Isteri dari Hi. Anwar Yabi ini, dikaruniai dua orang anak bernama Adhitya Trinia Apriliani, S.TP, M.Si dan Yudi Dwi Nugraha, S.Ip.

Ia menghabiskan masa kecilnya di Kota Banggai. Memulai pendidikan di SDN 1 Banggai dan SMPN 1 Banggai dan lulus di SMAN Luwuk tahun 1973. Tuty Hamid melanjutkan pendidikan tinggi di APDN, dengan mengambil jenjang Diploma III, lulus 1978.

Di tengah kesibukan bekerja, Tuty tetap berusaha melanjutkan studi pendidikan tingginya. Di tahun 1992 dia berhasil meraih gelar Sarjana di Universitas Tadulako (Untad) Palu.

Karir pemerintahannya dimulai dari Kepala Sub Bagian Protokol, Kepala Sub Bagian Administrasi Desa, Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Pengelolaan Data Elektronik (KPDE) Pemprov Sulteng, serta Kepala Bidang Pementasan Budaya Dinas Parawisata Pemkot Palu. Lalu, Tuty dipercayakan menjadi Kepala Bagian Umum di Sekda Parigi Mautong.

Riwayat pekerjaannya makin menanjak saat diamanahi sebagai Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB. Terakhir, menjabat sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pemkab Parigi Mautong sampai masa pensiun, akhir 2015.

Keponakan dari almarhum Bupati pertama Banggai Kepulauan HM. Ali Hamid ini, tak hanya ‘jago’ dalam urusan pekerjaan kantor. Tapi dia juga sangat aktif dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan.

Baca juga: Tuty Hamid-Richard Manuas Berpeluang Menang di Pilkada Balut

Tercatat, ada lima organisasi yang saat ini dinakhodai. Diantaranya, Palang Merah Indonesia (PMI), Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A), Lembaga Seni Qasidah Islam (LASQI), Komite Penanggulangan AIDS, serta Komisi Daerah Lanjut Usia (LANSIA) Banggai Laut.

Di kancah politik lokal, Tuty Hamid pernah dipercaya sebagai Ketua DPD Partai NasDem Banggai Laut. Saat ini, ia ditunjuk menjadi Ketua Dewan Penasehat partai bertagline restorasi tersebut di Banggai Laut.

Selama menjabat Wakil Bupati, perempuan yang dijuluki Ibu Risma Banggai Laut ini, rajin turun ke desa-desa. Berkomunikasi dengan seluruh lapisan masyarakat. Karena baginya, esensi kekuasan itu sesungguhnya menghadirkan kebahagiaan untuk orang banyak. Ia ingin lima tahun ke depan, kualitas hidup masyarakat Banggai Laut makin meningkat, pembangunannya tambah merata dan tentu saja rakyatnya makin sejahtera. Dengan pengalaman birokrasi yang dimiliki, di bawah kepemimpinan Tuty Hamid-Richard Manuas, Banggai Laut akan bangkit kembali.

Dia sosok pemimpin yang tegas, santun, tidak pernah main proyek, dan tidak korup. Itulah Hj. Tuty Hamid, calon Bupati dari Partai NasDem, Demokrat dan PPP. *

(rilis/yan)