Muscab PKB se Sulteng Dipusatkan di Kota Luwuk

oleh -304 Kali Dibaca
Syafruddin Husain

LUWUK, Luwuk Times.ID – Jadi kebangaan tersendiri buat para pengurus dan kader PKB Kabupaten Banggai. Betapa tidak, DPP melegitimasi Kota Luwuk sebagai pusat kegiatan pelaksanaan musyawarah cabang (Muscab) PKB se Sulteng.

Apa yang menjadi indikator Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar, sehingga harus memilih Kabupaten Banggai menjadi tuan rumah agenda besar tersebut?

Pertanyaan itu dijawab Ketua DPC PKB Kabupaten Banggai, Syafruddin Husain kepada Luwuk Times, di kantin aspirasi DPRD Banggai, Rabu (10/03/2021).

“Mungkin ada penilaian plus tersendiri dari pak Ketua Umum, sehingga Kabupaten Banggai jadi tuan rumah. Karena itu sudah menjadi instruksi partai, maka kami siap melaksanakan sekaligus mensukseskannya,” kata politisi yang akrab disapa Haji Udin ini.

Rencananya, Muscab PKB se Sulteng dilaksanakan Minggu, 14 Maret 2021, bertempat di Hotel Santika Luwuk.

“Kegiatannya dibuka langsung pak Ketua Umum DPP PKB secara virtual,” kata Haji Udin.

Selain Kabupaten Banggai, lima kabupaten lain juga melaksanakan Muscab, yakni Banggai Kepulauan, Banggai Laut, Morowali, Morowali Utara dan Tojo Unauna.

Untuk pelaksanaan Muscab sambung anggota DPRD Banggai memasuki tiga periode ini, dilaksanakan pada masing-masing ruangan.

“Ada enam ruangan disiapkan, yang disesuaikan dengan jumlah kabupaten. Dalam satu ruangan jumlah peserta dibatasi, mulai dari 15-25 orang. Dan kami tetap menerapkan protokol kesehatan,” kata dia.

Adapun agenda pada Muscab serentak itu diantaranya, laporan pertanggungjawaban (LPj) kepengurusan lama, penyusunan program kerja partai selama satu periode kedepan, sikap politik serta penyusunan struktur kepengurusan periode 2021-2026.

Tidak ada lagi proses pemilihan dalam Muscab. Karena unsur Ketua, Sekretaris dan Bendahara (KSB) sudah dilakukan penunjukkan langsung oleh DPP. Hal ini dilakukan selain menghindari konflik internal juga dimasa pandemi covid-19.

“DPP sudah menunjuk unsur KSB di tanfidz juga unsur KS di dewan syuro,” kata Haji Udin.

Selain Sulteng yang melaksanakan Muscab serentak juga di hari dan waktu yang juga dilaksanakan provinsi lainnya.

“Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan juga menggelar Muscab di tanggal 14 Maret. Pembukaan oleh Ketua Umum dilaksanakan serentak pada pukul 10.00 wita secara virtual,” ucap Haji Udin. *

(yan)