Mustar Wakili Herwin Terima Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

oleh -349 Kali Dibaca
Peringatan HAM se dunia ke 72 di ruang Polibu Kantor Gubernur Sulteng, Senin (14/12). (Foto: Istimewa)

PALU, Luwuktimes.id – Wakil Bupati Banggai, Mustar Labolo mewakili bupati Herwin Yatim menghadiri peringatan hari Hak Asasi Manusia (HAM) sedunia ke 72 sekaligus menerima penghargaan kabupaten/kota peduli HAM dan pelayanan publik berbasis HAM di ruang Polibu Kantor Gubernur Sulteng, Senin (14/12).

Kegiatan yang diprakarsai oleh Kementerian Hukum dan HAM itu dilaksanakan secara virtual seluruh provinsi, kabupaten/kota dengan mengusung tema “recover better, stand up for human rights”.

Rilis dari Sub Bagian Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim Pemda Banggai, Pemprov Sulteng mengundang sejumlah kepala daerah, yakni Walikota Palu, Bupati Banggai, Bupati Poso, Bupati Morowali, Bupati Morowali Utara dan Bupati Tolitoli.

Kegiatan yang juga dihadir Kepala Kantor Wilayah Sulawesi Tengah Kemenkum HAM di Palu itu, dibuka Presiden RI Joko Widodo, yang dihadiri sejumlah Menteri diantaranya Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoly, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri PUPR, Menteri LHK, Menteri Perdagangan dan Menteri Perhubungan.

Sementara di ruang Polibu Kantor Gubernur Sulteng, tampak Gubernur Sulteng Longky Djanggola, Kepala Kantor Wilayah Sulteng Kemenkum HAM RI Lilik Sujandi, Walikota Palu, Wakil Bupati Banggai, Bupati Toli Toli, Bupati Poso, Bupati Morowali Utara, Bupati Morowali serta pejabat lingkup Sekretariat Provinsi Sulteng lainnya.

Gubernur Sulteng Longki Djanggola dalam sambutannya menyampaikan, keberhasilan provinsi sangat tergantung kabupaten. Jadi mohon perhatian bagi kabupaten yang belum mendapat reward agar ikut berjuang mengangkatnya,” kata Gubernur sembari menambahkan bahwa Sulteng kedepan menjadi provinsi peduli HAM.

Sejalan dengan itu, maka syarat yang mesti dipenuhi kata Longki adalah 50 persen kabupaten/kota di Sulteng sudah meraih predikat Kabupaten/Kota peduli HAM.

Gubernur mendorong para stakeholder provinsi dan kabupaten/kota agar proaktif menyukseskan pelaksanaan rencana aksi nasional HAM (RANHAM) di Sulteng. Termasuk meminta dukungan Kanwil Kemenkum HAM mendampingi Pemda dalam pelaksanaan dan pelaporan RANHAM di Sulteng.

Kakanwil KemenkumHAM Sulteng Lilik Sujandi mengatakan, tahun ini terdapat 6 kabupaten/kota yang sukses meraih predikat peduli HAM, yaitu Kota Palu, Kabupaten Poso, Banggai, Morowali, Morowali Utara dan Tolitoli. Pencapaian tersebut jelasnya jauh lebih baik dibanding tahun 2019 yang hanya diraih oleh Kabupaten Banggai.

Dia menyarankan, agar dibentuk gugus tugas RANHAM yang beranggotakan OPD terkait untuk menyukseskan pelaksanaan dan pelaporan RANHAM.

“Penghargaan kabupaten/kota peduli HAM berkosentrasi pada pemajuan kesejahteraan dan pelayanan publik berbasis HAM,” jelasnya. Selain penghargaan turut diserahkan penghargaan pelayanan publik berbasis HAM kepada unit layanan kementerian hukum dan HAM di Sulteng, yaitu Lapas, Rutan dan kantor Imigrasi.

(*/yan)