Pagar Rujab Bupati Banggai, PUPR Gelontorkan 1,4 Miliar Lebih

oleh -364 Kali Dibaca
Proyek pagar pembatas rujab Bupati Banggai yang menelan dana Rp 1,4 miliar lebih. Tampak penggalian pondasi pagar dengan menggunakan alat berat. (Foto: Hasbi Latuba)

Reporter Hasbi Latuba

LUWUK – Proyek pagar rumah jabatan (Rujab) Bupati Banggai yang berada pada kawasan Bukit Halimun Kelurahan Tanjung Tuwis Kecamatan Luwuk Selatan, telah action.

Pantauan media ini, kontraktor pemenang tender nya adalah CV Pusaka Rifqie Abadi. Pihak rekanan sedang melakukan penggalian pondasi pagar dengan menggunakan alat berat.

Rehap berat pagar sepanjang 900 meter lebih itu menyedot anggaran Rp 1,4 miliar lebih. Angka itu sebagaimana tertulis pada papan proyek tersebut.

Scrool Baca Artikel

Kepala Sub Koordinator Penata Bangunan Gedung Dinas PUPR Kabupaten Banggai, Wawan Iswantoro mengatakan, proyek rehab berat pagar pembatas rujab itu adalah bagian dari program penataan bangunan dan lingkungan instansinya.

Baca Juga:  Pembangunan Astaka MTQ Sulteng di Luwuk Capai 80 Persen

“Survei kami memang pagar rujab itu sudah harus rehab berat. Bahkan harus bangun baru. Karena pagarnya sebagian sudah roboh,” ujar Wawan Iswantoro kepada Luwuk Times bertempat ruang kerjanya, Jumat (23/09/2022).

Jika melihat secara dekat, ujarnya, hampir keseluruhan pagar yang melingkar mulai miring dan tidak lama lagi akan roboh.

Baca Juga:  5 Jenis Obat Berisiko, Sidokkes Polres Berkoordinasi dengan BPOM Banggai

“Hanya bagian depan saja rehab ringan. Kalau bagian belakang dan kanan kiri sudah harus bongkar dan bangun baru,” ujarnya.

Penyebab mudahnya pagar rujab itu rusak awal pembangunannya, karena permukaan tanah gembur.

Tergali saja nanti 2-3 meter baru bisa dapat tanah aslinya. Makanya kontruksi kali ini, selain penggalian memakai alat berat, pihaknya juga membuatkan cakar ayam.

“Tingginnya 2,5 meter sudah dengan pondasi. Dan panjang 900 meter lebih. Ini biar tahan dan tidak mudah rusak,” tutur Wawan. *