Panitia segera Dibentuk, Siapa yang Layak Ketua?

oleh -322 Kali Dibaca
Sugiarto Djanun

LUWUK, Luwuk Times.ID — Pekan olahraga kabupaten (Porkab) ke IV rencananya dilaksanakan Oktober 2021.

Dalam rangka memaksimalkan persiapan ajang seleksi pada pekan olahraga provinsi (Porprov) se Sulteng di Kabupaten Buol tahun depan itu, panitia Porkab segera dibentuk.

Kepala Sekretariat KONI Kabupaten Banggai, Sugiarto Djanun Selasa (23/03/2021) mengaku masih menyisahkan tujuh bulan lagi dari sekarang pelaksanaan Porkab.

Akan tetapi lanjut unsur Wakil Sekretaris KONI Kabupaten Banggai ini, kepanitiaan perlu untuk segera disusun.

Sugi begitu dia akrab disapa mentaksir, usai lebaran nanti, panitia Porkab mulai disibukkan dengan sejumlah agenda.

Baca juga: Kesebelasan Simpong Putra Pernah Berjaya di Tahun 90-an

Diantaranya, melakukan koordinasi kepesertaaan dari seluruh kecamatan serta pengurus kabupaten (Pengkab) menyangkut petunjuk teknis atau juknis terhadap masing-masing pengurus provinsi (Pengprov) di Palu.

Mendasari pertimbangan teknis itulah, sehingga kata Sugi sudah saatnya dibentuk atau disusun komposisi panitia Porkab.

Ditanya soal anggaran Porkab, pegiat olahraga yang memegang jabatan strategis pada sejumlah Pengkab ini kembali memberi penjelasan.

Dari total dana hibah KONI Banggai di tahun ini sebesar Rp1,8 miliar, pihaknya sudah mengalokasikan dana awal untuk Porkab sebesar Rp100 juta yang rencananya dicairkan di triwulan II.

“Anggaran itu segera terpakai setelah panitia Porkab dibentuk dan tentu saja bekerja,” jelas dia.

Tentang siapa Ketua Panitia Porkab, Sugi belum mau berspekulasi. Karena itu akan menjadi ranah pengurus ketika lembaga adhok tersebut terbentuk.

“Dibentuk dulu panitia, baru setelah itu siapa figur yang dilegitimasi sebagai Ketua Porkab,” ucapnya.

Baca juga: Hanya Cabang Olahraga Aktif yang Dapat Jatah

Pada Porkab tahun 2017 lalu, jabatan Ketua Panitia disandang Alfian Djibran. Nah, apakah itu menjadi indikator bahwa Ketua Panitia Porkab harus berasal dari kalangan ASN?

Pertanyaan itu dijawabnya. “Tidak menutup kemungkinan dari kalangan non ASN. Yang penting punya kepedulian terhadap peningkatan prestasi cabang olahraga di daerah ini,” ucapnya.

Lagi pula sambung mantan caleg DPRD pada pileg 2019 ini, struktur kepanitiaan Porkab itu merupakan kombinasi antara pengurus KONI dan Pemda yang tentu saja punya basic olahraga. *

(yan)

No More Posts Available.

No more pages to load.