499 Kali Dibaca

Pembangkit Listrik Down, Suplai PLN Luwuk Melemah

  • Bagikan
PLTMH Lambangan
Perbaikan pada gangguan PLTMH Lambangan. (Foto: Istimewa)

Reporter Naser Kantu

LUWUK— Pembangkit listrik yang berada di wilayah sistem PLN Luwuk mengalami penurunan kapasitas.

Salah satunya, Pembangkit Listrik Mini Hidro (PLTMH) Lambangan yang berlokasi di Desa Lambangan Kecamatan Pagimana Kabupaten Banggai.

Kondisi ini mengakibatkan melemahnya suplai listrik ke pelanggan sehingga terjadi peningkatan pemadaman listrik di beberapa titik di wilayah pelayanan UP3 Luwuk.

Kepada Luwuktimes.id, Senin (18/10) Manajer Bagian Jaringan Nasrullah menjelaskan, pemadaman yang terjadi penyebabnya dua kondisi.

Pertama karena kekurangan daya mampu dari mesin-mesin pembangkit yang ada di sistem Luwuk.

Untuk beberapa hari terakhir, pihaknya dikatakannya menerima permintaan off keluar sistem lagi sampai dengan hari ini, untuk PLTM Lambangan karena ada kondisi emergency.

Setelah sebelumnya mereka lakukan perbaikan pipa warerwaynya.

“Kondisi pembangkit berada dalam kondisi siaga. Artinya ketika ada mesin yang gangguan ketika sementara operasi, maka akan berakibat pemadaman, tuturnya.

FORCE MAJURE

Terjadinya gangguan secara tiba-tiba, kata dia, maka pemadaman listrik tidak terhindarkan. Dengan kondisi seperti itu, maka pemberitahuan ke masyarakat tidak sempat.

“Kami juga berharap kondisi ini akan segera berakhir dengan beroperasinya Gardu induk Luwuk sehingga permasalahan kekurangan daya mampu bisa teratasi,” ungkap Nasrullah.

Baca juga: Sebelum Pemilihan, Haris Hakim Beri Sinyal Positif Buat Alfian Djibran

Gangguan kedua kata dia karena force majure.

Kalau kondisi ini tidak bisa kami prediksi kapan terjadinya. Apalagi gangguan datang dari faktor eksternal (Pohon tumbang, cuaca ekstrim, mobil yang tabrak tiang listrik dan lain-lain) karena ini bisa terjadi kapan saja,” tambahnya.

Di sisi lain kata Nasrullah, seluruh komponen UP3 Luwuk tetap berusaha memberikan pelayanan maksimal pada pelanggan.

Seperti melakukan upaya-upaya pemeliharaan untuk sistim kelistrikan, melakukan pengamanan ROW atau lakukan pemangkasan agar pohon tidak menyentuh jaringan yang bisa menyebabkan padamnya listrik.

“Jadi kalau mau dibilang padam itu dihilangkan sama sekali saya rasa agak sulit karena dipengaruhi oleh faktor-faktor eksternal diatas.

Semalam, PLN Luwuk mengalami kekurangan daya pada saat beban puncak.

“Tadi malam kami defisit sekitar 1.500 KW pada saat beban puncak 17 – 22, itu dihari libur. Untuk sebentar BP malam kami baru bisa pastikan sebntar siang, tapi untuk Lambangan sudah pasti tidak masuk hari ini,” ujarnya. *

  • Bagikan