Pemerintahan Herwin-Mustar Capai 76 Persen RPJMD

oleh -465 Kali Dibaca
Ketua DPRD Banggai, Suprapto menandatangani pengusulan pemberhentian Bupati-Wakil Bupati untuk diteruskan ke Menteri Dalam Negeri di DPRD Banggai, Selasa (11/05/2021). (Foto: Istimewa)

LUWUK, Luwuk Times.ID – Kabupaten Banggai di bawah pemerintahan Bupati Banggai Herwin Yatim bersama Wakil Bupati Mustar Labolo sebulan lagi telah berakhir kepemimpinnya.

Selama lima tahun dalam jabatan mereka, pasangan kepala daerah yang populer dengan akronim Win-Star (Herwin-Mustar) itu, mengimplementasikan visi misi pemerintah kedalam seluruh programnya, telah mencapai 76 persen dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Banggai.

Ini disampaikan Herwin Yatim dalam pidato terakhirnya sebagai Bupati Banggai pada Rapat Paripurna DPRD Banggai tentang Pengumuman Pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Banggai masa jabatan 2016-2021, Selasa (11/05/2021).

Hasil dari capaian tersebut kata mantan wakil bupati era Sofhian Mile ini, tergambarkan dalam beberapa bidang seperti akuntabilitas keuangan, akuntabilitas kinerja instansi, kesehatan, lingkungan hidup, administrasi pelayanan publik, pendidikan, peternakan, perkebunan, dan kebudayaan.

Untuk akuntabilitas keuangan, terbukti dengan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI selama 8 tahun berturut-turut. Akuntabilitas kinerja instansi pemerintah kata Herwin, ditandai dengan peningkatan nilai SAKIP dari CC ke BB dan akhirnya meraih nilai A selama dua tahun terakhir.

Sedangkan, dibidang kesehatan diimplementasikan dalam program Posyandu Pra Konsepsi yang terkait erat dengan upaya pencegahan penanganan kasus stunting, integrasi dari Jamkesda ke program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam bentuk pemberian Kartu Indonesia Sehat (KIS) kepada ratusan ribu jiwa penduduk Banggai, revitalisasi dan akreditasi Puskesmas di 23 kecamatan, serta rehabilitasi dan akreditasi bintang lima RSUD Luwuk.

Di sektor pelayanan administrasi publik dibenahi dengan peningkatan pelayanan pencatatan sipil dan kependudukan yang lebih memberikan pendekatan mobile dan digitalisasi.

Perhatian Pemda Banggai juga sebagian besar diarahkan pada pelestarian lingkungan hidup, di paparkan Herwin adalah dengan mencanangkan gerakan moral Pinasa (Pia Na Ala Sampah) sehingga Kabupaten Banggai mampu membawa pulang kembali Adipura dua kali berturut-turut sejak kepemimpinan Bupati Sudarto, karena berhasil memelihara kebersihan perkotaan hingga kecamatan.

Swasembada daging, Kartu Petani Sejahtera dan Kartu Nelayan Sejahtera, inovasi varietas produksi lokal disebutkan Ketua DPC PDIP Banggai ini adalah perhatian pemerintah di bidang Pertanian dan Nelayan.

Di sekor pendidikan dan kebudayaan, Herwin menyebutkan dapat dilihat dari kian berpretasinya siswa-siswi kabupaten Banggai di semua tingkat pendidikan di kancah nasional. Selain itu, Pemerintahan WinStar juga berhasil melahirkan kamus digital Bahasa Saluan ke Bahasa Indonesia, Inggris, dan Jerman.

Batik Nambo adalah hasil olah kearifan lokal yang telah terkenal hingga manca negara kata dia merupakan gagasan dari Pemerintahan Kabupaten Banggai dimasa kepemimpinannya.

Herwin Yatim-Mustar Labolo berharap dimasa pemerintahan yang baru, hal-hal positif yang telah di capai, dapat dilanjutkan demi kebaikan dan kemajuan daerah yang dicintai ini.

“Kini tiba saatnya kami unduru diri untuk menyerahkan estafet pemerintahan ini pada pemimpin baru yang insyaAllah memiliki komitmen dan semangat yang sama dalam rangka membangun daerah ini menjadi lebih baik lagi,” tuturnya.

Duo kader PDIP ini, menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh anggota DPRD dan masyarakat Kabupaten Banggai atas dukungannya dalam menjalankan pemerintahan disemua sektor pembangunan.

Ungkapan permohonan maaf juga disampaikan, apabila masih terdapat kekurangan selama kepemimpinan mereka.

“Mohon maaf jika masih terdapat program-progran daerah yang belum terlaksana dengan sempurna,” pintanya.

Atas pencapaian tersebut, Ketua DPRD Suprapto yang sebelumnya membuka dan memimpin Rapat Paripurna, mewakili lembaga DPRD Kabupaten Banggai mengapresiasi segala pengabdian Herwin Yatim-Mustar Labolo.

Disaksikan Herwin Yatim, Rapat Paripurna di akhiri dengan penandatanganan pengusulan pemberhentian Bupati-Wakil Bupati untuk diteruskan ke Menteri Dalam Negeri oleh unsur pimpinan, masing-masing Ketua DPRD Suprapto, Wakil Ketua I Batia Sisilia Hadjar, dan Wakil Ketua II Syamsul Bahri Mang.

Hadir pada momentum tersebut, seluruh unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah Ir. Abdullah Ali, sebagian Kepala OPD dan Kepala Bagian Setda Banggai yakni Dinas PUPR, Dinas Kesehatan, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas PMD, Bappeda Litbang, BKPSDM, BPBD, Dinas Kominfo, Dinas Perikanan dan Kelautan, Inspektorat, Kabag Hukum, Kabag Organisasi dan Tata Laksana, Kabag Administrasi Pembangunan, dan Kabag Tapem. *

(cen)

No More Posts Available.

No more pages to load.