Penggunaan Masker, Masih Banyak Warga yang ‘Kepala Batu’

Dua pengendara motor ini ditegur polisi. Itu karena tidak mengenakan masker juga tidak menggunakan helm. (Foto: Humas Polres Banggai)

BALANTAK, Luwuktimes.id – Sosialisasi penggunaan masker sudah sangat gencar dilakukan. Tak hanya Pemda, Satuan Polres Banggai kian massif menerapkan salah satu protokol kesehatan tersebut. Tapi apa lacur masih banyak warga yang ‘kepala batu’ enggan menggunakan masker saat keluar rumah.

Kondisi itu tak hanya terjadi di wilayah perkotaan. Di kecamatan, tidak sedikit warga yang tidak peduli dengan ketentuan di era pandemi ini.

Seperti yang terjadi di Kecamatan Balantak. Personel Polsek Balantak terpaksa memberikan teguran simpatik kepada pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm dan masker di jalan umum Kelurahan Talang Batu, Kecamatan Balantak, Selasa (06/10/2020).

Baca Juga:  Polisi Bekuk 17 Tersangka, Empat Pelakunya Anak-Anak

Selain menegur, polisi juga memberikan pembinaan dan pemahaman kepada pengendara tersebut bahwa penggunaan helm dan makser sangat penting menjaga keselamatan diri di tengah pandemi Covid-19.

“Kami hanya berikan teguran lisan dan memerintahkan menggunakan helm dan komponen kendarannya serta selalu memakai masker. Jika ditemukan lagi maka akan ditindak,” ungkap Kapolsek Balantak Iptu Muhammad Zulkfikar SH.

Bacaan Lainnya
Baca Juga:  Nelayan Nuhon yang Hilang Ditemukan dalam Kondisi Lemas

Menurut Iptu Zulfikar, razia ini rutin dilakukan dengan menyasar para pengguna jalan yang tidak menggunakan masker dan standar berlalulintas.

Baca Juga:  Di Luwuk, Dua Pelaku Sabu Ditangkap, Babuk 16.62 Gram

“Karena semua pengendara baik roda dua, roda empat maupun  lebih wajib memakai masker,” terang Iptu Zukfikar.

Olehnya itu, mantan KBO Satuan Narkoba Polres Banggai ini berharap agar masyarakat disiplin terhadap peraturan lalu lintas dan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Kami berharap masyarakat menerapkan disiplin berlalu lintas dan protokol kesehatan. Ini demi keselamatan,” harap Iptu Zulfikar. *

(rls)

Pos terkait