Pesan Kadis PUPR Banggai buat 60 Tukang yang Ikut Pelatihan di Luwuk

oleh -231 Kali Dibaca
Kadis PUPR Kabupaten Banggai Bambang Eka Sutedy menyampaikan sejumlah pesan kepada para peserta pelatihan tenaga terampil di Luwuk, Selasa (22/11/2022). (Foto: Sofyan Labolo)

Reporter Sofyan Labolo

Luwuk Times — Selain membuka secara resmi, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Banggai, Bambang Eka Sutedy menitip sejumlah pesan kepada para peserta pelatihan tenaga terampil di Luwuk, Selasa (22/11/2022).

Dihadapan 60 peserta pelatihan yang berasal dari tukang pasang batu dan kayu, Bambang Eka Sutedy berujar, tujuan pelatihan ini adalah agar pekerja memiliki pengakuan kompetisi kerja dan juga dapat tersertifikasi.

Dengan mengantongi sertifikat tenaga kerja, tidak hanya demi memenuhi kewajiban UU. Namun lebih untuk memberikan jaminan penghasilan kepada para tenaga kerja tersebut.

Scrool Baca Artikel

Selain itu sambung Kadis PUPR Banggai, sertifikasi menunjukkan sisi profesionalitas, kompetensi seorang pekerja untuk bekerja pada bidangnya.

Baca Juga:  Alumni 84 SMPN 1 Luwuk Peduli Korban Banjir di NTT

Nantinya para pengguna jasa bisa memastikan bahwa tukang yang bertugas membangun sarana konstruksi itu mempunyai kompetensi yang cukup baik.

Dengan memiliki sertifikat, lanjut Kadis PUPR Banggai, maka ada jaminan terhadap bangunan yang dibangun oleh tenaga yang bersertifikasi dan memiliki kompetensi, yaitu jaminan kualitas.

Sebanyak 60 tukang mengikuti pelatihan tenaga terampil di Luwuk, Selasa (22/11/2022). (Foto: Sofyan Labolo)

Sehingga daya tahan bangunannya bisa lebih lama dan bisa mengurangi keluhan konsumen tentang bangunan yang cepat rusak

Sertifikasi menguntungkan kedua belah pihak, baik tukang maupun pengguna jasa. Itu karena lebih mudah memilih tukang dengan adanya sertifikat

Baca Juga:  Dinas PUPR Banggai segera Percantik Jalan dalam Kota Luwuk

Dengan adanya sertifikasi, jelas akan membuat secara tidak langsung standar gaji untuk para tukang bangunan ikut meningkat.

Pada kesempatan itu Kadis PUPR Banggai mengucapkan terima kasih kepada dua tenaga instruktur.

“Saya sampaikan terima kasih kepada instruktur dari Untika Luwuk dan SMKN 2 Luwuk. Keduanya bersedia meluangkan waktu demi memberikan tambahan wawasan pengetahuan dalam mengembangkan dan memajukan dunia jasa konstruksi Kabupaten Banggai,” tutur Bambang Eka Sutedy. *