Iklan
advertisment

Pesan Wabup Banggai, PPS jangan Berpihak

Usai pelantikan PPS se Kabupaten Banggai, kegiatan berlanjut dengan prosesi foto bersama. (DKISP Kabupaten Banggai)

Luwuk Times — Wakil Bupati Banggai, Furqanudin Masulili berpesan kepada para panitia pemungutan suara (PPS) se Kabupaten Banggai agar tidak berpihak dan menegakkan aturan dalam menjalankan tugas pada pemilu 2024.

“Tegakkan aturan. Jangan berpihak. Kalau kita sudah berpihak, tentunya lain cerita lagi. Kita pasti akan mendapat hujatan,” ujar Furqanuddin pada pelantikan PPS se-Kabupaten Banggai sekaligus apel gelar pasukan dalam rangka kesiapan pelaksanaan pemilu 2024, Selasa (24/1/2023) sore, di Alun-alun Bumi Mutiara Luwuk.

Terselenggaranya pemilu berkualitas menurut Wabup, penentunya ada pada kemampuan PPS dalam melaksanakan tugas secara transparan.

“Yang paling utama adalah menegakkan aturan perundang-undangan,” ujar Wabup Furqanuddin.

Ia juga mengingatkan kerja-kerja PPS tidak hanya terawasi oleh Panwas atau institusi lain. Tetapi terpantau langsung oleh masyarakat. Mengingat, akses terhadap media informasi dan komunikasi saat ini begitu mudah dan cepat, serta telah menjangkau seluruh wilayah Kabupaten Banggai.

Baca Juga:  JSI Sebut Pilkada Banggai Fenomenal, Nursandi: Petahana Utuh Kalah

Kepada para anggota PPS, wabup berharap, amanah ini dapat dilaksanakan dengan baik. Agar kita dapat menghasilkan kualitas demokrasi yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

KPU Banggai melantik 1.011 orang anggota PPS. Mereka berasal dari 337 desa/kelurahan. Dalam pelantikan tersebut, PPS didampingi oleh 115 anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK).

Sementara itu, Ketua KPU Banggai Zaidul Bahri Mokoagow mengatakan, pekerjaan PPS adalah pekerjaan 24 jam yang tidak mengenal jam kerja. Untuk itu, dalam menjalankan tugasnya, anggota PPS berpegang teguh pada prinsip “untuk melayani”.

Baca Juga:  4 OPD di Jabat Pelaksana Tugas

“Kita melayani peserta pemilu. Kita melayani para pemilih dengan sebaik-baiknya. Apabila nanti ada kendala, ada pihak-pihak yang mencibir pekerjaan kita, kita harus layani dengan senyum,” kata Zaidul.

Setelah dilantik, PPS akan mengawali tugasnya, yaitu berkoordinasi dengan  pemerintah daerah setempat dan membentuk petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih).

Kegiatan berlanjut dengan pembacaan dan penandatanganan pakta integritas oleh anggota PPS, serta penyematan atribut PPS secara simbolis.

Hadir pada pelantikan PPS se-Kabupaten Banggai itu yakni Ketua Bawaslu Banggai Muh. Syaiful Saide, pimpinan OPD/Badan, dan pejabat Forkopimda Banggai. *

Tim liputan DKISP Kabupaten Banggai

Dapatkan informasi terupdate dari Luwuk Times KLIK