PKB jadi Parpol Paling Beruntung, Menang di Enam Pilkada

oleh -632 Kali Dibaca
Syafruddin Husain

LUWUK, Luwuktimes.id – Partai politik yang paling beruntung di pilkada serentak 2020 di Provinsi Sulteng adalah PKB. Itu tidak sekadar klaim. Dari sembilan kabupaten/kota yang menggelar pilkada, partai berbasis Nahdiyin ini menang di enam wilayah, termasuk pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Sulteng.

Informasi ini dibenarkan Ketua DPC PKB Kabupaten Banggai, H. Syafrudin Husain kepada Luwuktimes.id Kamis (10/12). “Iya, kami menang di enam kabupaten/kota termasuk pilgub Sulteng,” kata Syafrudin.

Dia merincikan kemenangan PKB itu berdasarkan hasil hitung suara KPU per hari ini.

Pilkada Kota Palu Hadianto Rasyid-Reny Lamadjido memimpin perolehan suara yakni 14.790 suara atau 40,3 persen, pilkada Sigi, paslon Moh. Irwan-Samuel Y. Pongi 16.798 suara atau 54,0 persen, pilkada Touna Rendy Lamadjido-Hasan Lasiata 10.637 suara atau 35,3 persen dan Kabupaten Banggai paslon Amirudin Tamoreka-Furqanudin Masulili unggul sementara 25.865 suara atau 45,4 persen.

Selanjutnya paslon yang diusung PKB dan segera memetik kemenangan adalah, pilkada Morowali Utara dr. Delis Julkarson-Djira K meraup 15.241 suara atau 50,1 persen dan paslon Gubernur/wakil Gubernur Sulteng, Rusdi Mastura-Ma’mun Amir juga di atas kertas tidak akan terkejar paslon Hidayat-Bartho.

Satu-satunya wilayah PKB kalah adalah di Pilkada Banggai Laut (Balut). Hasil hitung suara KPU, Wenny Bukamo-Ridaya berada pada peringkat kedua setelah Sofyan Kaepa-Ablit.

Berbeda dengan pilkada di Kabupaten Poso dan Tolitoli, PKB tidak mengusung paslon. “PKB tidak punya kursi di dua kabupaten itu, sehingga tidak mengusung paslon,” kata Haji Udin-sapaannya. *

(yan)

No More Posts Available.

No more pages to load.