Polisi yang Tegas dan Punya Kepekaan Sosial yang Tinggi

oleh -305 Kali Dibaca
Sebagian aksi sosial yang dilakoni Iptu Candra. Sosok polisi yang patut diapresiasi sekaligus diteladani. (Foto-Foto: Humas Polres Banggai)

DI JAJARAN Polres Banggai, nama Iptu Candra, SH tak asing. Pria yang kini mengemban amanah sebagai Kapolsek Toili ini, dikenal selain tegas dalam menegakkan aturan juga perwira dua balak ini berjiwa sosial.

Masih kental di benak publik, Iptu Candra tak sebatas melayat ketika ada warganya yang meninggal dunia. Dia bersama personilnya turut mengusung jenazah yang hendak dikebumikan.

Bentuk duka yang dikontribusikan lewat action oleh Iptu Candra tersebut seperti terlihat di Kelurahan Cendana Kecamatan Toili, Sabtu pekan lalu

Setelah melayat di rumah duka, Iptu Candra bersama anggotanya dengan menggunakan seragam dinas mengusung keranda jenazah almarhum untuk dibawa ketempat peristirahatan terakhirnya.

Dan aksi heroik mengusung keranda jenazah warganya bukan kali pertama dilakukannya. Hampir setiap ada warga kedukaan hadir melayat dan mengusung keranda jenazah.

“Saya bersama anggota hanya semata-mata ingin membantu. Sebab nanti kita juga pasti akan kembali kepada sang pencipta,” tutur Iptu Candra kala itu.

Aksi peduli sesama kembali ditunjukkan mantan Kapolsek Bunta ini. Dengan penuh keikhlasan, Iptu Candra memberi sentuhan ala kadarnya terhadap Mbah Marpu.

Nenek berusia 94 tahun ini adalah warga Desa Rusa Kencana Kecamatan Toili. Dan saat ini dia hanya mampu tergolek lemah di atas pembaringan, dalam rumah reyot miliknya.

Sudah cukup lama, Mbah Marpu hanya mengikhlaskan diri dengan kondisi seperti itu. Dia tinggal bersama seorang anak lelakinya bernama Suraji (50), yang keseharian menjual sayur mayur di pasar Toili. Kehidupan nenek lanjut usia ini cukup memprihatinkan.

Rasa prihatin serta sikap sosial Iptu Candra pun kembali muncul. Mengetahui salah satu warga membutuhkan uluran tangan, Iptu Candra bersama anggotanya langsung menyambangi kediaman mbah Marpu dengan membawa bantuan, Kamis pagi (15/10/2020).