281 Kali Dibaca

Posyandu Prakonsepsi Tampil di Festival Forum Kawasan Timur Indonesia

  • Bagikan
Posyandu Prakonsepsi
Road to Festival Kawasan Timur Indonesia

Reporter Naser Kantu

LUWUK— Sebagai salah satu program andalan Pemerintah untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, Posyandu Prakonsepsi. Tujuannya adalah menekan (AKI) dan menyelamatkan 1.000 (HPK) yang tergagas belum lama ini, terpilih untuk tampil dalam Road to .

Forum yang Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia (BAKTI) dan mendapat dukungan penuh oleh Kementerian Bappenas bersama Australian Government ini, menghadirkan Menteri Pariwisata Sandiaga Uno dan Erni Witoelar tampil pula sebagai Keynote Speaker.

Sedangkan  Kepala Dinas Kesehatan DR. dr. dan drg. Sri Dewi Susanti Kepala Kampung Baru sebagai Pembicara Inisiatif Cerdas pada hari kedua, tanggal 27 Oktober 2021.

Pada forum ini, dr. Anang berbagi tentang “ : Satu Tahap Lebih Dulu”, beberapa masalah di Kabupaten Banggai, seperti  angka kematian Ibu yang masih tinggi, prevalensi stunting yang masih tinggi, cakupan K1 rendah, anemia ibu hamil tinggi dan persalinan pada fasilitas kesehatan belum mencapai 100%.

Baca Juga:  BPBJ Banggai Teken Perjanjian Kinerja dan Pakta Integritas

Baca juga: Enam Poin Penting Hasil Workshop Industri Hulu Migas

Berangkat dari itu, kondisi yang diterapkan Posyandu Prakonsepsi adalah calon ibu hamil mendapatkan asupan gizi mikro untuk kesehatan reproduksi. Calon ibu hamil dapat mempersiapkan kehamilannya secara fisik dan mental. Terjadi interaksi secara dini antara calon ibu hamil dengan tenaga kesehatan/bidan pendamping, sehingga dapat meningkatkan cakupan persalinan pada fasilitas kesehatan.

HASIL

Hasil tercapai dengan Posyandu prakonsepsi sambung dr Anang tahun 2015, angka kematian Ibu menurun sampai pada 2019, melalui Posyandu Prakonsepsi. Penyebab kematian ibu dapat tercegah dengan pemberian suplemen Multigizi Mikro. Dan meningkatnya cakupan K1 murni serta kunjungan K1 ibu hamil meningkat dari 80% mencapai 95%.

Baca Juga:  Satu Juta Satu Pekarangan dan BUMDes, Ini Statemen Bupati

Menurunnya Anemia pada ibu hamil dari 46% mencapai 10,04%. Sedangkan persalinan pada fasilitas kesehatan meningkat dari 85% mencapai 100%.

Dengan pencapaian tersebut, kata dr. Anang, menjadikan Posyandu Prakonsepsi Kabupaten Banggai terpublikasikan pada Buletin WHO, LSM asing tertarik memberikan donasi MMN, dan mau mereplikasi ke negara lain.

Begitu pula, Posyandu Prakonsepsi Meraih Top 45 Kompetisi Inovasi Pelayan Publik (Sinovik) 2020, Kabupaten Banggai sebagai lokasi studi banding dari daerah lain. Bahkan mendapat undangan jadi pembicara dalam berbagai kesempatan, serta mendapatkan penghargaan Puskesmas paling berkomitmen. *

  • Bagikan
error: Content is protected !!