Raih 88.011 Suara, AT-FM Sah Pemenang Pilkada Banggai

oleh -1.414 Kali Dibaca
Amirudin Tamoreka dan Furqanudin Masulili

LUWUK, Luwuktimes.id – Pemenang Pilkada Banggai 2020 terjawab. Hasil pleno rekapitulasi penghitungan suara oleh KPU Banggai Selasa (15/12), pasangan calon (paslon) bupati/wakil bupati Banggai Amirudin Tamoreka-Furqanudin Masulili (AT-FM) meraih 88.011 suara atau 44 persen dari suara sah.

Dengan hasil itu, maka resmi paslon nomor urut 02 ini menjadi Bupati dan Wakil Bupati Banggai satu periode kedepan.

“Pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat kabupaten sudah selesai tadi. Alhamdulillah kandidat kami memperoleh 88.011 suara sekaligus menggungguli dua paslon lainnya,” kata saksi paslon AT-FM, Herdianto Djiada kepada Luwuktimes.id tadi malam.

Herdi yang juga Ketua Amirudin Tamoreka Center (ATC) ini juga menginformasikan bahwa hasil hitung cepat timnya tidak jauh meleset dengan hasil lembaga penyelenggara pemilu.

“Selisih 199 suara dengan data kami. Yang pasti persentase kemenangan AT-FM tidak bergerak dari 44 persen,” kata Herdi.

Dia juga menambahkan, pada pleno dengan melibatkan 23 PPK dan dihadiri 23 Panwascam se Kabupaten Banggai, paslon petahana Herwin Yatim-Mustar Labolo (WINSTAR) berada pada posisi kedua, dengan raihan 64.362 suara.

“Cukup signifikan selisih suara antara AT-FM dan WINSTAR. Hasil pleno rekapitulasi kabupaten di 23 kecamatan yang telah ditetapkan selisihnya 23.649 suara,” jelas Herdi.

Sementara pada peringkat ketiga paslon Sulianti Murad-Zainal Abidin Alihamu (HATIMU) dengan torehan 49.082 suara.

Rencananya KPU Banggai akan menggelar pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat provinsi yang akan dilaksanakan di Palu, mulai Rabu 16 Desember 2020. *

(yan)