Advertisement

Luwuk

Ratusan Personil Dikerahkan Amankan Aksi Damai Buruh di DPRD Banggai

432
×

Ratusan Personil Dikerahkan Amankan Aksi Damai Buruh di DPRD Banggai

Sebarkan artikel ini
Aksi Demo Buruh di DPRD Banggai. (Foto: Hasbi Latuba)

Luwuk Times, Luwuk— Ratusan personil Polres Banggai dikerahkan untuk pengamanan aksi damai buruh di Luwuk, Senin (28/08/2023).

Aliansi Mahasiswa dan serikat pekerja Buruh Menguggat, dengan sasaran lokasi aksi Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banggai, terkait agenda rapat dengar pendapat Komisi I DPRD Banggai.

Pengamanan dilakukan mengantipasi titik keramaian dan kemacetan lalu lintas.

“Hari ini kita melaksanakan pengamanan sesuai dengan sprint. Kita siapkan 290 personil untuk mengamankan unjuk aksi damai buruh dan mahasiswa,” ujar Kapolres Banggai AKBP Ade Nuramdani melalui Kasie Humas Polres Banggai IPTU Al Amin S. Muda.

Baca:  DPRD Banggai Terima Pertanggung Jawaban APBD 2023, Bupati Amirudin: Kerjasama ini Berbuah WTP

Pengamanan tersebut, katanya, dilakukan sejak buruh berkumpul di titik kumpul awal yakni di Kawasan Pelabuhan Rakyat Luwuk. Lalu dikawal saat melakukan longmarch menuju ke Kantor DPRD Banggai di Teluk Lalong.

Kasie Humas mengatakan, jumlah personil pengamanan dikerahkan sesuai keperluan. Pasukan akan dipertebal apabila terjadi eskalasi massa.

“Nanti kita lihat situasinya, tapi yang penting kita sudah siapkan,” imbuh IPTU Amin.

Untuk mengamankan demo tersebut, akses ke Kantor DPRD Banggai di Teluk Lalong dialihkan. Pengendara yang akan melintas dialihkan oleh petugas Satlantas Polres Banggai.

Baca:  TPP ASN dan BPJS Butuh Ketambahan 80 Miliar, AT-FM Punya Solusi?

“Akses menuju Kantor DPRD Banggai dialihkan. Ini untuk menghindari macet di lokasi. Pengendara kita harapkan mencari jalan alternatif yang diarahkan petugas di lapangan,” katanya.

Terkait jumlah personil pengamanan, ada ratusan personel yang disiapkan. Mereka merupakan gabungan dari Polres dan Polsek Jajaran serta berbagai fungsi dan satuan.

“Harapan kami, tentunya aksi damai oleh Aliansi Mahasiswa dan Buruh Menguggat ini dapat berjalan dengan aman, damai dan tertib,” imbaunya. *