Richard Manuas, Sang Politisi yang Sarat dengan Prestasi

Calon Wakil Bupati Banggai Laut, Richard Manuas

TAK lengkap rasanya jika dalam rubrik sosok Luwuktimes.id ini hanya menyajikan sosok calon bupati Banggai Laut (Balut), Dra. Hj. Tuty Hamid. Lebih paripurna, ketika figur calon wakil bupati Balut juga ditampilkan.

Nama lengkap calon Balut II ini adalah Richard Brynwerd Schwaner Manuas, ST. Pria kelahiran Banggai, 28 Februari 1976 ini terkenal senang berorganisasi dan tipikal politisi muda yang luwes.

Dari pernikahan dengan Fenny Vera Oping, SH, seorang wanita yang berprofesi sebagai Kepala Cabang salah satu bank milik pemerintah di Banggai Laut ini, ia dikaruniai empat orang anak. Buah hati mereka adalah, Annjeanette Manuas, Annjealique Manuas, Gwyneth Manuas, dan Sunshine Manuas.

Baca Juga:  Sempat Trauma Gempa Palu, Chaesar Sabet Wisudawan Terbaik Untad Tahun 2022

Richard Brynwerd Schwaner Manuas atau biasa disapa Richard Manuas, menyelesaikan jenjang pendidikan dasar sampai atas di Luwuk. Ia tamat SD GKLB 3 Luwuk (1987), SMPN 1 Luwuk (1990), dan SMA Negeri 2 Luwuk (1993). Ia meneruskan studi S1 nya di Universitas Kristen Indonesia Paulus-Ujung Pandang, lulus tahun 2000.

Karir politiknya sebagai wakil rakyat sangat teruji dan sarat prestasi. Ia terpilih jadi anggota DPRD kabupaten sebanyak tiga kali berturut-turut, mulai periode 2009-2014, 2014-2019, dan 2019-2024. Bahkan, tercatat sebagai Ketua DPRD Banggai Laut pertama dalam sejarah kabupaten ini berdiri.

Bacaan Lainnya
Baca Juga:  Sukses Tunaikan Tugas Paskibraka, Bercita-Cita Masuk Akabri

Di organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan, ia pernah menjadi Ketua Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Banggai Laut. Ia juga aktif di Forum Komunikasi Putera Puteri Purnawirawan Indonesia (FKPPI) Banggai Laut.

Selama berkiprah di partai politik, ia selalu memegang tampuk pimpinan partai. Ia pernah menjadi Ketua DPC Partai Demokrat Bangkep, selama 5 tahun. Saat ini, Richard masih memimpin Partai Demokrat di wilayah hasil pemekaran Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) tersebut.

Baca juga: Mengenal Dekat Tuty Hamid, Figur yang Dijuluki Ibu Risma Balut

Keberhasilannya menakhodai partai berlambang bintang mercy ini, karena ia selalu menjalankan pesan dari Ketua Umumnya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), untuk terus menebar kebaikan bagi sesama. Karena sesungguhnya, sebaik-baiknya manusia adalah dia yang paling bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Bagi Richard Manuas, pemimpin itu pelayan masyarakat. Pemimpin itu tugasnya memastikan masyarakat Banggai Laut sejahtera.

Olehnya, ia memilih untuk menjadi pendamping Tuty Hamid di Pilkada Bangai Laut 2020. Karena, bagi Richard Manuas, Tuty Hamid tipikal pemimpin yang satu kata dengan perbuatan, memiliki kematangan dalam bertindak, dan tidak arogan.

Seorang pemimpin muda, bersih dan perhatian pada rakyat. Itulah sosok Richard Manuas, calon Wakil Bupati dari Partai NasDem, Demokrat dan PPP. *

(rilis/yan)

Pos terkait