Rusdi-Ma’mun Kantongi 73 Persen, Hidayat-Bartho Hanya 27 Persen

oleh -477 Kali Dibaca

Infografis KPU Sulteng


Palu, LUWUK TIMES – Kekuatan dukungan partai politik (parpol) di Pilkada Sulteng 2020 sudah tergambar. Bakal pasangan calon (paslon) gubernur/wakil gubernur Rusdi Mastura-Ma’mun Amir diusung 9 parpol, sedang pesaingnya Hidayat Lamakarate-Bartho Tandigala hanya 2 parpol.

Sudah pasti kuantitas parpol pengusung sebagaimana info grafis KPU Sulteng yang diterima Luwuk Times Selasa (08/09/2020) tersebut berpengaruh terhadap jumlah kursi di DPRD Sulteng.

Akumulasi kursi Partai NasDem, PKB, Hanura, PKS, PPP, Demokrat, Perindo, PAN dan Partai Golkar yang mengusung Rusdi-Ma’mun sebanyak 33 kursi atau 73 persen. Sementara Hidayat-Bartho yang diusung PDI Perjuangan dan Partai Gerindra hanya 12 kursi atau 27 persen.

Ada dua persepsi kontradiktif yang lahir atas perbedaan jumlah dukungan kursi DPRD Sulteng yang jomplang itu.

Baca juga: 13 September, KPU Banggai Kukuhkan 25 Personil RELASI

Pertama, koalisi gemuk yang dipunyai Rusdi-Ma’mun menjadi pertanda bahwa sebagian besar parpol menginginkan mantan Walikota Palu dan mantan Bupati Banggai itu memimpin Sulteng pasca dua periode kepemimpinan Longki Djanggola.

Persepsi kedua mengklaim, koalisi gemuk tidak menjadi garansi paslon yang diusung bakal terpilih. Alasannya, karena pilihan berada di tangan raktyat.

Kedua pendapat yang berbeda itu, tentu akan terjawab di tanggal 9 Desember 2020 mendatang. *

(yan)