Sambut HSP ke 92, SMI Luwuk Gelar Aksi Damai di Adipura

oleh -431 Kali Dibaca
SMI Cabang Luwuk menggelar aksi damai di bundaran tugu Adipura Luwuk, Rabu (28/10/2020). (Foto: Usman)

LUWUK, Luwuktimes.id – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Serikat Mahasiswa Indonesia (SMI) Cabang Luwuk Banggai menggelar aksi damai. Aksi dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke 92 itu dilaksanakan di kawasan Tugu Adipura Luwuk, Rabu (28/10/2020).

Ketua SMI Cabang Luwuk Banggai, Embi Karim, mengatakan, aksi damai ini bukan sekadar seremonial memperingati HSP semata. Akan tetapi untuk menyuarakan aspirasi bahwa biaya pendidikan saat ini cukup memberatkan, karena kondisi pendapatan masyarakat sedang berkurang akibat pandemi. Harapan peserta aksi, pemerintah dapat menurunkan harga, bahkan sampai dengan menggratiskan biaya pendidikan dan jaminan kesehatan selama pandemi Covid-19.

Dalam aksi siang itu, SMI juga turut mengkampanyekan penolakan terhadap Omnibus Law UU Cipta Kerja.

Embi Karim menegaskan, SMI akan konsisten menolak regulasi kontroversi tersebut. Karena dikuatirkan akan banyak dampak yang ditimbulkan dimasa mendatan.

Embi juga menyampaikan harapannya agar aparat kepolisian dapat membebaskan mahasiswa maupun peserta aksi di seluruh Indonesia yang ditahan pada aksi penolakan Omnibus Law, beberapa waktu lalu.

“Momentum Sumpah Pemuda tidak hanya kami rayakan secara seremonial. Tetapi kami juga menyampaikan harapan dan cita-cita pemuda. SMI akan konsisten menolak Omnibus Law, karena akan menjadi batu sandungan bagi pemuda di kemudian hari. Kami juga berharap agar seluruh peserta aksi di seluruh Indonesia yang masih ditahan Kepolisian, agar dapat dibebaskan sebagai wujud demokrasi,” ujar Embi. *

(man)