Satpol PP Tertibkan Gepeng di Kawasan Tugu Adipura Luwuk

oleh -189 Kali Dibaca
Operasi penertiban gepeng oleh Satpol PP dan Damkar Kabupaten Banggai di kawasan tugu Adipura Luwuk, tadi malam. (FOTO: istimewa)

LUWUK, Luwuk Times.ID – Rapat terpadu mengatasi persoalan sosial yang sebelumnya dipimpin Asisten II Setdakab Banggai, Alfian Djibran, diimplementasikan.

Personil Satpol PP dan Damkar Kabupaten Banggai menertibkan sejumlah gelandangan dan pengemis alias gepeng yang mangkal di kawasan tugu Adipura Luwuk.

“Tadi malam kami melaksanakan penertiban gepeng. Kegiatan ini dalam rangka menindaklanjuti hasil rapat tim terpadu yang dipimpin Asisten II Setdakab Banggai,” kata Kepala Bidang Ketentraman Masyarakat dan Ketertiban Umum. Satpol PP dan Damkar Kabupaten Banggai, Taufik Kamin, Rabu (20/01) tadi malam.

Tim penertiban ini dipimpin Kasat Pol PP dan Damkar Kabupaten Banggai, Suwitno Abusama. “Karena ini adalah bidang saya, maka saya menjadi eksekutor di lapangan,” kata Eleng-sapaan Taufik Kamin.

Baca juga: Orang Gila Marak di Luwuk, Ini Langkah Pemda Banggai

Keberadaan gepeng nilai Eleng sudah cukup menganggu kenyamanan masyarakat umum. Dan keluhan tersebut langsung disampaikan warga.

“Tujuan penertiban gepeng adalah untuk kenyamanan masyarakat umum. Karena sudah banyak warga yang mengeluh,” kata Eleng.

“Berbeda konteks dengan pemulung. Mereka mengais rezeki dengan menjajal sejumlah tempat sampah. Dan pemulung tidak kami tertibkan,” ucapnya.

Berapa gepeng yang terjaring?

Pegiat sepak bola ini kembali berujar, yang terjaring penertiban semalam adalah satu keluarga, terdiri dari seorang ibu dan dua orang anaknya. Mereka tinggal di desa Boyou Kecamatan Luwuk Utara. *

(yan)