Seperti Ini Andil Polsek dalam Mengawal Logistik Pilkada Hingga TPS

oleh -434 Kali Dibaca
Personil Polsek Pagimana Brigpol I Wayan Sunaya mengawal logistik pilkada (kiri). Kapolsek Batui Iptu IK. Yoga Widata SH, memberi arahan kepada anggota Linmas di Kantor PPK Batui Selatan. (Foto: Humas Polres Banggai)

LUWUK, Luwuktimes.id – Komitmen aparat kepolisian Polres Banggai hingga jajarannya di Polsek dalam mensukseskan pilkada serentak 2020, patut diapresiasi. Salah satu andil yang diberikan institusi itu adalah melaksanakan pengawalan ekstra terhadap logistik pilkada sampai pada tingkat TPS.

Seperti yang dilakukan personil Polsek Pagimana Brigpol I Wayan Sunaya, Selasa (8/12). Ia bersama petugas penyelenggara Pilkada Kecamatan Lobu mengawal logistik Pilkada menuju desa Dolom.

Kapolsek Pagimana Iptu Syukri Larau SH, mengatakan, pengawalan pendistribusian kotak suara ke Dolom menempuh jarak sekitar 40 kilometer dengan menggunakan kendaraan, selanjutnya menyebrangi sungai.

“Desa Dolom merupakan wilayah paling ujung Kecamatan Lobu dan harus dilewati dengan menyebrangi sungai” kata Iptu Syukri.

Setelah menyebrangi sungai perjalanan menuju desa tersebut harus melewati perkebunan warga dan hutan yang menanjak dengan jarak tempuh delapan jam berjalan kaki.

“Jarak dan medan tidak akan patahkan semangat anggota demi mengawal dan suksesnya pesta demokrasi tahun 2020 ini,” tutup Kapolsek.

Sementara itu, Kapolsek Batui Iptu IK. Yoga Widata SH, menegaskan setiap pergeseran kotak suara dari kantor PPK menuju ke PPS dan TPS harus tetap mendapatkan pengawalan dari pihak TNI-Polri dan Linmas.

Hal itu disampaikannya saat memberikan arahan dan petunjuk teknis kepada anggota Linmas di Kantor PPK Batui Selatan, Selasa (8/12).

“Kami sampaikan kepada Linmas bahwa kotak suara yang ada di PPK tidak boleh bergeser tanpa ada pengawalan dari pihak keamanan,” ucap Iptu Yoga.

Penegasan itu disampaikan Iptu Yoga guna mencegah terhajadinya hal-hal yang tidak dinginkan yang dapat mengganggu jalannya proses tahapan voting day 9 Desember 2020.

“Saya harap Limas dapat bekerja sama dengan pihak TNI-Polri, tugas Linmas membantu TNI-Polri mengamankan kotak suara,” terang Iptu Yoga.

Dalam pelaksanaan tugas pengamanan TPS nantinya, kata Iptu Yoga, anggota Linmas harus terus menjalin komunikasi dan koordinasi dengan TNI-Polri, sebab tugas Linmas hanya mengamankan, jangan terlibat dalam tugas PPS atau KPPS.

“Tugas Linmas disini adalah Tugas Negara sebagai Pahlawan Demokrasi. Saya harap dapat bekerja dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab,” harap Iptu Yoga. *

(hae/yan)

No More Posts Available.

No more pages to load.