212 Kali Dibaca

September, Daftar Pemililh Berkelanjutan 252.044 Jiwa

  • Bagikan
Daftar Pemilih
KPU Banggai foto bersama dengan perwakilan parpol pada rakor PDPB, di kantor KPU Banggai, Rabu (29/09). (Foto: Istimewa)

Reporter Sofyan Labolo

LUWUK, Luwuktimes.id – September 2021, daftar pemilih berkelanjutan di Kabupaten Banggai sebanyak 252.044 jiwa.

Angka itu merupakan hasil rekapitulasi KPU Banggai pada rapat koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB), yang dilaksanakan di kantor KPU Banggai, Rabu (29/09).

Ketua divisi sosialisasi, SDM dan Parmas KPU Kabupaten Banggai, Makmur Manesa menjelaskan, rakor dilaksanakan secara tatap muka langsung dan secara virtual (zoom meeting dan siaran langsung FB KPU Banggai.

Rakor sengaja dilaksanakan dengan menerapkan dua cara tersebut, karena ruang Aula rapat KPU Banggai tidak cukup menampung peserta.

Untuk secara Luring atau tatap muka dihadiri oleh 14 perwakilan Partai Politik.

Sedang secara virtual zoom meeting dihadiri oleh Perwakilan Pemda, Polres Banggai, Dandim 1308 Luwuk Banggai, Bawaslu Banggai, Disdukcapil, Cabang Dinas pendidikan wilayah V , forum koordinasi SMA Banggai dan Forum Koordinasi SMK Kabupaten Banggai.

Masukan Parpol

Rakor yang dibuka Ketua KPU Banggai Zaidul Bahri Mokoagow itu melahirkan beberapa saran dan masukan dari parpol.

Diantaranya masih adanya data NIK (nomor induk kependudukan) ganda, mendorong KPU melakukan pemutakhiran data pemilih secara akurat.

Dengan begitu jumlah pemilih berimplikasi kepada bertambahnya jumlah penduduk yang dapat menambah jumlah kursi DPRD Banggai.

Saran itupun direspons KPU sekaligus menghimbau agar Parpol berpartisipasi dalam pemutakhiran data pemilih, dengan menginformasikan atau melaporkan data pemilih baru belum terdaftar.

Termasuk usia 17 tahun, TNI/Polri yang sudah pensiun atau pemilih pindah datang.

Data tersebut akan menambah jumlah pemilih.

Selanjutnya data yang mengurangi jumlah pemilih yaitu pemilih pindah, pemilih yang menjadi TNI/Polri, pemilih meninggal, sehingga data pemilih bersih dan akurat.

Selanjutnya rakor ditutup dengan membacakan hasil rekapitulasi Daftar Pemilih berkelanjutan secara Komulatif.

Yakni daftar Pemilih Berkelanjutan sebelumnya (Agustus 2021 sebanyak 251.768 ditambah pemilih baru sebanyak 280 pemilih. Kemudian dikurangi dengan pemilih tidak memenuhi syarat sejumlah 4 pemilih.

Maka hasil akhir Daftar Pemililh Berkelanjutan periode September 2021 sebanyak 252.044. *

Baca juga: Seminggu Lebih Traffic Light tak Berfungsi, Ini Jawaban Kadishub

  • Bagikan
error: Content is protected !!