Siap-Siap Vaksinasi Covid-19 Februari, Status Banggai Mengarah Zona Hitam

oleh -319 Kali Dibaca
Rakor sosialisasi vaksinasi covid-19, di ruang rapat umum kantor Bupati Banggai, Kamis (21/01). (FOTO: istimewa)

LUWUK, Luwuk Times.ID— Pelaksanaan vaksinasi covid-19 di Kabupaten Banggai rencananya dimulai bulan Februari. Sebelum action, pemerintah setempat gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

“Pelaksanaan vaksinasi covid-19 di Kabupaten Banggai termasuk termen kedua tahap pertama, yaitu pada bulan Februari 2021,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Banggai, dr. Anang S. Otoluwa, pada rapat koordinasi (rakor) sosialisasi vaksin covid-19, di ruang rapat umum kantor Bupati Banggai, Kamis (21/01).

Prokopim Setda Kabupaten Banggai Muhlis Pampawa dalam rilisnya melaporkan, rakor yang dibuka Wakil Bupati Banggai, Mustar Labolo itu, Kadinkes Banggai juga menyampaikan rakor ini sangat penting dilaksanakan. Selain wadah sosialisasi, pendataan serta pelaksanaan pendistribusian logistik nantinya.

Wakil Bupati Banggai Mustar Labolo, dalam sambutannya meminta kepada semua pihak untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes), yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan mengindari kerumunan yang mengakibatkan makin bertambahnya penularan virus covid-19.

Prokes harus menjadi prioritas. Sebab kata Mustar, Kabupaten Banggai saat ini masih berstatus zona merah. Bahkan telah mengarah ke zona hitam.

Kenaikan status tersebut rasional. Pasalnya, tercatat hingga saat ini penularan copid-19 di Kabupaten Banggai telah mencapai angka 600-an. Sementara pesien sembuh mencapai 500-an.

“Atas nama pemerintah, saya harap kepada semua pihak untuk tetap mematuhi protokol kesehatan,” kata Mustar.

Pada rakor itu dihadiri unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah, Assisten Administrasi Pembangunan dan Ekonomi Sekretsris Daerah, Pimpinan Perangkat Daerah, Pimpinan instansi vertikal dan perwakilan organisasi keagamaan.

Selain itu diikuti pula oleh para camat, Forkopimcam, para kepala Puskesmas dan sejumlah tokoh masyarakat se kabupaten Banggai yang mengikuti secara virtual melalui aplikasi zoom. *

(yan)